Kaltara

Hari Pertama dan Kedua Lebaran, Warga Diimbau Simpan Sampah di Rumah

Dalah satu tempat pembuangan sampah di Tanjung Selor. ( Foto: Agung)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Masyarakat Kalimantan Utara diimbau menyimpan sampah di rumah saat hari pertama dan kedua lebaran atau tanggal 13 dan 14 Mei besok. Hal ini disampaikan Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltara, Obed Daniel.

“Hari pertama dan kedua lebaran, simpan dulu sampah di rumah ya. Jadi kita menjaga lingkungan tetap bersih, dan membantu petugas kebersihan dapat merayakan lebaran bersama keluarga,” kata Obed, Rabu (12/5/2021).

Masyarakat juga diimbau membuang sampah H-1 lebaran (hari ini)
maksimal pukul 21.00.Wita.

“Sehari sebelum lebaran atau hari ini, buanglah sampah lebih cepat. Maksimal jam sembilan malam. Jadi besok segera bisa diangkut dan tidak ada yang tertinggal,” paparnya.

Adapun saat H+2 setelah lebaran, masyarakat bisa membuang sampah seperti biasa. Obed meminta masyarakat bisa disiplin mengikuti jadwal yang ditentukan.

“Mulai tanggal 15 Mei, sampah sudah bisa dibuang lagi ke TPS yang ditentukan. Harus disiplin ya, mulai pukul 18.00 Wita sampai pukul 06.00 Wita. Jadi tidak ada sampah lagi saat sudah diangkut petugas,” kata Obed.

Pada kesempatan ini, ia juga berpesan agar masyarakat senantiasa menjalankan protokol kesehatan. Sehingga dapat mendukung upaya pemutusan rantai Covid-19.

“Saat keluar rumah, jangan lupa memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain dan selalu mencuci tangan,” pesannya. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Didik