Politik

Hari Ini KPU Tetapkan Calon Terpilih

Suryanata Al Islami
  • Pelantikan Jadi Kewenangan Pemerintah Pusat

TARAKAN, Koran Kaltara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara menjadwalkan penetapan calon terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, pada Kamis (21/1/2021) hari ini. Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami saat ditemui Koran Kaltara di Tarakan, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, tidak ada gugatan terhadap hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara di Mahkamah Konstitusi (MK), sehingga pada 18 Januari 2021 keluar registrasi bahwa KPU bisa melakukan penetapan calon terpilih.

“Maka berdasarkan PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) Nomor 5 Tahun 2020 disebutkan, paling lambat 5 hari setelah keluarnya registrasi, dan kami menjadwalkan tanggal 21 ini. Insya Allah besok penetapan calon terpilih sekitar pukul 10.00 Wita,” terangnya.

Selain Provinsi Kaltara, terdapat dua kabupaten yang juga akan melakukan penetapan, di antaranya KPU Tana Tidung dan KPU Bulungan. Sedangkan Nunukan dan Malinau harus menunggu penyelesaian sengketa hasil pemilu di MK, karena ada salah satu pasangan calon yang menguggat hasilnya.

Lebih lanjut dikatakan Surya, setelah rapat penetapan, KPU akan menyerahkan hasil keputusan penetapan ke masing-masing pasangan calon, DPRD Kaltara dan pemerintah pusat, sehingga dapat segera diagendakan pelantikan.

“Apakah akan dilakukan secara bersama atau seperti apa, terserah pemerintah. Kalau yang dulu dilakukan pelantikan secara bersama-sama, untuk gubernur dan wakil gubernur oleh presiden, sedangkan bupati dan wakil bupati dilantik oleh gubernur atas nama Menteri Dalam Negeri. Jadi pelantikan akan didahulukan untuk gubernur dan wakil gubernur terlebih dahulu,” bebernya.

Menurutnya, pelaksanaan pemilukada di Kaltara yang terbilang sukses, sehingga dirinya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas doa dan dukungannya, tidak terkecuali seluruh masyarakat Kaltara yang ikut menjaga daerah ini tetap aman dan damai.

“Modal utama kita di tengah pandemi Covid-19, adalah kepercayaan sehingga tingkat partisipasi bisa mencapai 74 persen, dan Kaltara menjadi provinsi terbesar ke tiga di Indonesia yang menggelar pemilukada dengan tingkat partisipasi tertinggi. Ini patut kita syukuri,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Hariadi

Mari cegah penyebaran Covid-19 dengan 5 M;

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Mengurangi mobilitas dan interaksi
  • Menghindari kerumunan