Headline

Hari Ini Batas Akhir Serahkan Dokumen Perbaikan

PERBAIKAN - Tampak LO tiga bapaslon saat konsultasi dengan pihak KPU usai menerima hasil verifikasi administrasi syarat calon yang dianggap belum penuhi syarat beberapa hari lalu. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Bawaslu Kaltara Beri Atensi soal Batas Waktu

TANJUNG SELOR,Koran Kaltara – Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Tahun 2020, terdapat tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) yang mendaftar di KPU pada tahap pendaftaran 4 – 6 September lalu. Ketiga Bapaslon itu adalah pasangan Zainal Arifin Paliwang – Yansen Tipa Padan, pasangan Udin Hianggio – Undunsyah dan pasangan Irianto Lambrie – Irwan Sabri.

Berdasarkan informasi dari KPU saat mendaftar, syarat pencalonan semua Bapaslon dinyatakan memenuhi syarat. Yakni dukungan minimal parlemen yang merupakan koalisi dari partai politik pengusung. Adapun untuk syarat calon, saat pendaftaran telah diterima namun ditindaklanjuti dengan melakukan penelitian administrasi.

Setelah di verifikasi, Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami mengungkapkan, semua bapaslon belum memenuhi syarat calon. Artinya, harus melakukan perbaikan dalam kurun waktu 14 – 16 September. Dimana, hari ini adalah hari terakhir batas penyerahan dokumen perbaikan syarat calon yang belum lengkap tersebut.

“Hari ini (kemarin) informasi dari staf kami, ada LO yang menyerahkan perbaikan. Kita belum cek, tapi ada yang datang. Mudah-mudahan besok (hari ini) bisa dilengkapi secara keseluruhan. Karena semuanya (Bapalson) belum memenuhi syarat. Mudah-mudahan sisa waktu yang ada bisa dimaksimalkan,” kata Ketua KPU Kaltara, Selasa (15/9/2020).

Jika sampai batas waktu yang ditentukan, yakni pada Pukul 24.00 Wita malam nanti, masih ada yang belum melakukan perbaikan, berimplikasi pada penetapan calon 23 September mendatang. Namun ditegaskan Surya, bahwa yang belum terpenuhi itu dokumen seperti apa dan cari tahu kendalanya. Pasalnya ada beberapa dokumen yang kaitannya dengan lembaga lain.

“Makanya perlu intens komunikasi. Sesungguhnya saat mendaftar, LO sudah tahu ceklis yang belum lengkap. Itulah yang dilakukan perbaikan. Sebelumnya, sudah disampaikan supaya punya waktu panjang. Apalagi terkait lembaga lain. Misalnya LHKPN, itu terkait dengan KPK. Kalau belum lengkap terkait lembaga lain yang belum lengkap, kita akan konsultasi ke KPU RI,” terangnya.

Dikonfirmasi terpisah, Pimpinan Bawaslu Kaltara Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Rustam Akif menegaskan, pihaknya terus mengawal proses perbaikan itu. Dan yang terpenting adalah, batas waktu yang ditetapkan berdasarkan tahapan, menjadi perhatian pihaknya.

“Atensi Bawaslu pada persoalan waktu. Masa perbaikan ada tiga hari. Pada tanggal 14 dan 15 itu buka mulai Pukul 08.00 sampai 16.00. Kemudian hari terakhir 16 September, Pukul 08.00 sampai 24.00. Jangan sampai ada Bapaslon yang serahkan dokumen (perbaikan) melewati jangka waktu,” tegasnya. (*)

Reporer: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah