Ekonomi Bisnis

Harga Rumput Laut Makin Turun, Petani di Nunukan Gelisah

Petani rumput laut memproses hasil panen. (Foto: DOK/Koran Kaltara)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Sudah 10 hari, petani rumput laut di Nunukan gelisah karena harga jual rumput laut semakin turun. Terakhir, harga rumput laut di Nunukan hanya kisaran Rp13.500 per kilogram.

Pengepul dan pembudidaya rumput laut di Mamolo, Nunukan Selatan, Kamarudin mengatakan, bahwa harga rumput laut mengalami penurunan sekitar Rp3 ribu. Sebelumnya, harganya mencapai Rp16 ribu lebih per kilogram.

“Harga ini sudah paling umum. Sekarang semakin turun secara pelan-pelan,” terangnya kepada Koran Kaltara, Minggu (28/6/2020).

Menurut dia, penurunan harga ini disebabkan beberapa faktor. Seperti faktor penukaran uang dolar, permintaan buyer dan faktor kualitas rumput laut.

“Penilaian saya di lapangan kualitas rumput laut memang rendah sekali. Karena, yang terjadi saat ini, kadar kering petani capai 40. Ini sangat tinggi. Maunya, paling minim itu 37-38 kadar keringnya. Beda kalau kadar ekspor itu harus 35,” ungkapnya.

Belum lagi, kata dia, keluhan petani mengenai hasil produksinya menurun, karena banyak gagal panen akibat rumput laut berubah warna menjadi putih-keputihan.

“Sebenarnya, munculnya putih-putih rumput laut sejak awal tahun 2019 lalu. Nah, di saat itu, produksi rumput laut di Nunukan turun hingga 60 persen. Sekarang, kita hanya bisa menghasilkan 40 persen saja,” ungkapnya.

Kamarudin mengaku persoalan ini sudah beberapa kali disampaikan kepada pemerintah. Hanya saja, masih belum ada solusi yang konkrit.

“Rencananya, saya akan sampaikan lagi ke pemerintah. Memang, sebelumnya pemerintah telah membagikan bibit rumput laut. Tapi, hasilnya produksi belum kita lihat. Apakah bagus atau tidak. Kalau tidak, ya jangan beli bibit seperti ini,” ujarnya.

Dia meminta Dinas Perikanan turun langsung ke lapangan dan menanyakan kendala yang dihadapi petani.

“Karena, dulu pernah kita panen mencapai 4 ribu ton. Sekarang, mungkin 1.000 ton saja. Seharusnya, pemerintah ikut datang mengontrol sehingga semua perkembangan rumput laut dapat diawasi” pungkasnya. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah