Ekonomi Bisnis

Harga Merangkak Naik, Pengawasan Intens Dilakukan

CEK HARGA - Tampak Tim Satgas Polda Kaltara yang mengecek harga daging sapi di Pasar Induk, Tanjung Selor. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)
  • Satgas Pangan Pantau Harga Bahan Pokok

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Tim Satgas Pangan (Satgas) Pangan Kepolisian Daerah (Polda Kaltara) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Induk Tanjung Selor, Kamis (21/5/2020). Sidak yang dilakukan bersama dengan unsur pemerintah melalui Disperindagkop dan UMKM Kaltara ini, bertujuan untuk melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap harga-harga bahan pokok.

“Giat ini memang perintah dari pimpinan. Yang kita awasi itu, adanya pedagang yang tiba-tiba menaikkan harga yang tidak normal. Ini yang kita awasi, supaya tidak terjadi,” kata Direktur Krimsus Polda Kaltara AKBP Thomas Panji Susbandaru, melalui Kasubdit I AKP Satya Chusnur Ramadhana saat ditemui usai sidak.

Satya menjelaskan, pemantauan tersebut dilakukan untuk menekan harga bahan pokok yang melambung tinggi ketika menjelang hari raya Idulfitri atau Lebaran. Selain mencegah kenaikan harga, Ia menyebutkan bahwa Satgas Pangan Polda juga akan menjamin ketersediaan bahan pokok untuk masyarakat saat menjelang maupun pasca-lebaran.

“Semua yang terlibat dalam Satgas Pangan terus melakukan pemantauan di pasar-pasar maupun di toko-toko sembako yang lain. Kita harapkan mekanisme pasar tetap terkendali dengan baik. Daya beli masyarakat pasti meningkat kalau mau lebaran. Jadi kita pastikan tidak ada kelangkaan sembako di pasar-pasar,” ujarnya.

Dia mengakui, kecenderungan harga bahan pokok akan merangkak naik, mulai dari awal Ramadan hingga Lebaran. Jika harga bahan pokok terus naik, tentu akan memberatkan warga. Sehingga kondisi tersebut harus segera dikendalikan. Bersama instansi terkait, polisi punya peran untuk mengendalikan harga bahan pokok.

“Kalau situasinya sudah demikian dikuatirkan bisa memicu gejolak pada masyarakat. Makanya kami (Tim Satgas) juga ditugaskan untuk mengawasi kestabilan harga,” tuturnya.

Berdasarkan hasil sidak yang dilakukan bersama dengan unsur terkait, memang beberapa sembako mulai merangkak naik. Namun, lanjut dia, kenaikan harga tersebut masih relatif normal-normal saja. Akan tetapi jika saja, pihaknya menemukan pedagang yang menemukan menjual diatas harga normal, maka tentu akan dilakukan penindakan yang terukur.

“Kita juga tadi sosialisasikan, jangan ada yang coba-coba menaikkan harga yang terlalu tinggi. Karena kalau ada yang coba-coba, ada tindakan tegas terukur yang kita ambil. Sudah ada instruksi dari pimpinan memang. Kita juga tahu sendiri, kondisi sekarang ekonomi sangat lemah karena pandemi virus corona. Maka sebaiknya kita juga saling membantu,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendadak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah