Ekonomi Bisnis

Harga Cabe Rawit di Tarakan Masih Tinggi

Pedagang cabe di pasar tradisional Tarakan. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Minggu kedua awal tahun 2021, harga cabe rawit di pasar tradisional Kota Tarakan masih mengalami kenaikan. Pedagang mengatakan, harga cabe mulai naik sejak Natal dan Tahun Baru 2021.

Supi, salah satu pedagang cabe di Pasar Tradisional Gusher menjelaskan, dirinya menjual cabe rawit dengan harga Rp90 ribu per kilogram, dimana harga normal di kisaran Rp50 ribu sampai dengan Rp60 ribu per kilogram.

“Sekarang cabe Rp90 ribu, harganya mulai naik sejak Natal kemarin (2020), mungkin karena orang akan merayakan Natal,” katanya, Selasa (12/1/2021).

Ia mengatakan, harga Rp90 ribu itu cabe rawit lokal atau dari Tarakan, namun untuk cabe dari luar daerah biasanya lebih murah Rp70 ribu.

“Kalau ini Rp90 ribu cabe Tarakan, ada juga yang dari luar daerah yaitu Palu harganya lebih murah Rp70 ribu,” terangnya.

Supi menambahkan, meski harganya cukup mahal namun untuk penjualan masih normal seperti biasa karena memang cabe bahan pangan yang banyak dicari masyarakat ataupun pedagang makanan.

“Normal saja penjualan, rata – rata yang beli disini tidak ada keluhan kalau harganya segitu, karena memang dimana-mana harganya kurang lebih segitu,” imbuhnya.

Sementara untuk stok sendiri tidak susah mendapatkan cabe. Selain dari Tarakan sendiri setiap lima hari sekali ada cabe dari Palu datang menggunakan kapal.

Sementara itu, Rina warga Pamusian mengaku tidak kaget dengan harga cabe saat ini. Biasanya membeli cabe untuk kebutuhan sehari-hari di rumah sehingga tidak terlalu banyak sampai sekilo.

“Iya tadi beli Rp10 ribu saja, kan memang untuk masak di rumah saja, jadi tidak sampai sekiloan,” ucapnya.

Meski tidak membeli sampai sekilo, dia mengatakan jika dilihat memang ada sedikit penurunan dari biasanya kalau harga cabe murah. “Ada kayaknya turun sedikit, tapi kan memang butuh jadi ya harus dibeli,” katanya singkat. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah