Kaltara

Harga Cabai Rawit Makin Pedas

Harga cabai rawit merah terpantau cukup mahal di Kaltara. (Foto : Ilustrasi/Net)
  • Paling Tinggi di KTT dan Bulungan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Harga cabai rawit merah, terpantau cukup mahal dalam pekan ini. Komoditi makanan yang untuk dibuat sambal itu, mencapai Rp 110.000 di Pasar Induk Tanjung Selor. Harga yang begitu pedas, sepedas rasanya.

Dari data harga komoditi pangan strategis yang dirilis Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalimantan Utara, harga paling tinggi di Pasar Induk Tanjung Selor dan Pasar Imbayud Taka Tana Tidung (KTT)

Di Pasar Induk Tanjung Selor, harga cabai rawit merah tembus Rp110 ribu per kilogram. Kondisi sama juga terjadi di Tana Tidung.

Sementara di Pasar Induk Malinau, rerata harga di angka Rp70 ribu perkilogram. Di Kabupaten Nunukan Rp101 ribu. Kemudian di Pasar Gusher Tarakan sebesar Rp85 ribu per kilogram.

Harga komoditas pangan strategis yang juga cukup tinggi adalah daging sapi. Yakni Rp150 ribu per kilogram di Pasar Induk Tanjung Selor. Sebelumnya, rata-rata harga sebesar Rp130 ribu sampai Rp140 ribu.

Harga daging sapi paling murah di Pasar Gusher Tarakan. Yakni Rp130 ribu per kilogram. Sedangkan di Malinau dan Tana Tidung di angka Rp140 ribu per kilogram.

Adapun untuk telur ayam ras, rentang harga tidak jauh berbeda antar wilayah. Di Pasar Induk Tanjung Selor Rp55 ribu per piring, di Pasar Induk Malinau Rp54 ribu per piring, di Pasar Inhutani Rp53 ribu per piring, di Pasar Imbayud Taka Rp55 ribu per piring, di Pasar Gusher Tarakan Rp58 ribu per piring.

Harga daging ayam ras cenderung bervariasi. Paling murah tercatat di Pasar Induk Tanjung Selor Rp35 ribu per kilogram. Paling mahal di Pasar Imbayud Taka Tana Tidung dan Malinau sebesar Rp45 ribu per kilogram.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah