Tana Tidung

Harga Cabai di Tana Tidung Mulai Naik

Ilustrasi pedagang cabai. (Istimewa)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Harga cabai pada pekan ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Kenaikan harga cabai, baik cabai merah, cabai rawit dan cabai keriting naik Rp10 ribu per kilogramnya (kg), sementara harga bawang merah dan bawang putih stabil.

Diketahui, harga cabai merah besar, cabai keriting, cabai biasa/tiung dan cabai rawit sebelumnya Rp70 ribu dan naik menjadi Rp80 ribu per kg atau terjadi kenaikan sebesar 14,29 persen, sedangkan harga bawang merah Rp45 ribu dan bawang putih Rp35 ribu per kg.

Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (DisperindagKop) dan UMKM, Linda Safitri, mengakui kenaikan harga cabai pada pekan ini cukup tinggi dan beruntungnya harga bawang masih stabil.

Ia meyakini harga cabai yang naik tidak akan menurunkan minat pembeli, mengingat cabai dan bawang ini menjadi kebutuhan utama bagi Ibu Rumah Tangga (IRT) di dapur.
Selain itu, minimnya hasil cabai produk lokal membuat harga cabai selalu tinggi dan diperkirakan harga cabai akan terus meningkat menghadapi akhir tahun ini. Kenaikan harga menjelang akhir tahun biasa terjadi beberapa item yang mengalami kenaikan setiap tahunnya.

“Kabupaten Tana Tidung (KTT) lebih dominan produk luar daerah jadi ketika daerah pemasok mungkin mengalami kendala dalam berproduksi. Misal petani yang minim menghasilkan maka imbasnya pasti ke pasokan yang langka dan harga secara langsung akan naik. Cabai menjadi komoditas yang naik di bulan November ini,” terang dia, Jumat (20/11/2020).

Dia menyebutkan, kendati kenaikan harga tidak dapat dielakkan akan tetapi pasokan cabai dan bawang masih stabil, juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik. Pihaknya yang terus melakukan pantauan harga dan pasokan di setiap pekannya memastikan pasokan dalam kondisi aman.

“Setiap minggu di hari Senin kita akan turun ke Pasar Induk Imbayud Taka yang ada di Kecamatan Sesayap. Kemudian ke toko, agen dan warung yang menjual sembako guna memastikan semua harga terpantau dengan baik, begitu pula ketersediaannya, semoga saja tidak ada kelangkaan dan kenaikan harga tidak terjadi lagi,” harap dia. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah