Ekonomi Bisnis

Harbolnas Tingkatkan Penjualan Online Kayu Bajakah Kering

Kayu bajakah kering yang dijual secara online keluar Kaltara. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Selama pandemi Covid-19, perdagangan melalui daring atau online memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli. Salah satunya penjualan kayu kering bajakah dan tanaman alokasia dari Kaltara.

Balai Karantina Pertanian Tarakan mencatat, saat puncak hari belanja online nasional pada tanggal 11 November kemarin, dua komoditas tersebut paling tinggi keluar Kaltara.

Pejabat Balai Karantina Pertanian Tarakan wilayah Bandara Juwata Tarakan, Umi Ngafifah mengungkapkan, pemasaran secara daring menjadi faktor peningkatan pengeluaran atau lalulintas komoditas pertanian di Kaltara.

“Sampai November ini, BKP Tarakan telah menerbitkan sertifikat kesehatan untuk 511,5 kilogram kayu bajakah kering dan 3.571 sertifikat untuk 38.069 batang alokasia sisik naga,” ungkapnya, Rabu (18/11/2020).

Data tersebut baru untuk wilayah Tarakan, sementara dari Tanjung Selor sertifikat yang diterbitkan sebanyak 1.895 untuk 63.300 batang alokasia sisik naga.

“Puncaknya yaitu pada tanggal 11 November kemarin, BKP Wilayah Bandara Juwata Tarakan melakukan sertifikasi 4.838 batang alokasia sisik naga dengan total pemohon 430, sedangkan kayu bajakah 114 kg dengan jumlah pemohon 97,” katanya.

Umi mengatakan, untuk sertifikasi kesehatan tumbuhan wilayah kerja Bandara Juwata mengalami peningkatan lebih dari 100 persen dari hari biasa, dampak dari hari belanja online nasional.

“Puncak Harbolnas (hari belanja online nasional) menjadi agenda puncak tahunan pengeluaran komoditas tumbuhan dari Provinsi Kalimantan Utara. Sebelum dikirim meski melalui online, komoditas tetap wajib dilaporkan ke Karantina untuk memastikan kesehatannya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah