Tana Tidung

Guru PAUD Inovatif Dapat Hadiah Puluhan Juta

Pembukaan kegiatan apresiasi inovasi Guru PAUD. (Foto : Agung)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tana Tidung, memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap inovasi dari Guru PAUD.

Kepala Disdikbud Tana Tidung, Jafar Sidik mengatakan, penghargaan ini bertujuan untuk memstimulus kualitas guru di lembaga PAUD.

“Kegiatan penghargaan ini ditujukan untuk mewujudkan peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru PAUD yang ada. Khususnya dalam melakukan proses pembelajaran dalam masa pandemi Covid-19 yang inovatif untuk mengatasi learning loss,” kata Jafar.

Beraneka ragam strategi dan teknik pembelajaran telah dilakukan Kepala sekolah dan guru PAUD untuk mengatasi learning loss.

Diantara model pembelajaran yang telah dilatih ialah pembelajaran berbasis proyek metode STEAM dengan menggunakan media lose part.

“Berbagai kreativitas dan inovasi guru telah dikembangkan dalam mengimplementasikan model pembelajaran tersebut. Khususnya dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” paparnya.

Jafar menjelaskan, apresisi guru dan tenaga kependidikan PAUD Inovatif dilakukan melalui beberapa tahapan penilaian.

Dimulai dari penilaian naskah untuk mendapatkan 20 peserta yang akan melaksanakan praktik pembelajaran berbasis inovatif.

Lima peserta terbaik akan melanjutkan tahapan wawancara. Setelah itu diperoleh tiga pemenang untuk kategori guru dan kepala PAUD.

“Pemenang mendapatkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah. Kami juga mengusulkan tahun depan mengikuti studi inovasi pada PAUD Berkualitas di daerah lainnya. Seperti di Pulau Jawa,” pungkasnya. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment