Pendidikan

Guru Honorer PAI Diupayakan Dapat Bantuan Subsidi Gaji

Kunjungan - Ketua AGPAI Pusat saat berkunjung ke Kaltara beberapa waktu lalu. (Foto : Agung/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Guru Honorer Pendidikan Agama Islam (PAI), sedang diupayakan mendapat bantuan subsidi gaji dari pemerintah pusat. Demikian disampaikan Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Kabupaten Bulungan, Iwan Aziz, Kamis (17/9/2020).

Dijelaskan Aziz, ada 114 guru honorer PAI yang sudah terdata keseluruhan di Kaltara pada tahap III. Jumlah tersebut ditarget terus meningkat hingga akhir pendaftaran.

“Kami sedang ikhtiar memperjuangkan bantuan dari pemerintah pusat untuk masyarakat yang pendapatannya di bawah Rp5 juta. Ini masih pendataan. Di Bulungan baru sekitar dua puluh sampai tiga puluh yang masuk,” jelasnya.

Iwan berharap bantuan subsidi gaji segera terealisasi saat berkas persyaratan telah dilengkapi. Besaran bantuan senilai Rp2,4 juta, dikatakan sangat bermanfaat bagi para guru PAI honorer. “Mudah-mudahan aja bantuan ini bisa juga didapatkan teman-teman guru honorer,” harap Iwan.

Pada kesempatan tersebut, Iwan juga meluruskan penjelasan sebelumnya mengenai sertifikasi guru madrasah. Dikatakan Iwan, sertifikasi yang dimaksud ditujukan untuk guru PAI di jenjang SD, SMP dan SMA.

Sementara itu, untuk diketahui bersama, Program Subsidi Gaji sudah memasuki tahap penyaluran ke III. Pada laman resmi Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), Menaker Ida Fauziyah memastikan penyaluran subsidi gaji Tahap III sedang dicairkan bagi 3,5 juta orang pekerja yang berhak menerima sesuai kriteria Permenaker 14/2020.

Adanya penyaluran tahap III melengkapi penyaluran pada tahap sebelumnya. Yakni pada tahap I sebanyak 2,5 juta penerima dan pada tahap II sebanyak 3 juta penerima.

Secara total, hingga saat ini penyaluran subsidi gaji di Indonesia telah diberikan kepada 9 juta penerima. Atau 57 persen dari total target penerima sebanyak 15,7 juta orang. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah