Malinau

Gugus Tugas Covid-19 Malinau Diminta Gelar Razia

Pola hidup sehat seperti ini patut diitiru, sementara yang tidak disiplin harus disanksi. (Foto: Sollaiamnsyah)

MALINAU, Koran Kaltara – Bupati Malinau Dr Yansen TP mendorong Tim Gugus Tugas Covid-19 Malinau kembali melakukan razia terhadap masyarakat yang belum disiplin menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) kesehatan.

Menurut dia, masyarakat harus patuh dan disiplin menjalankan aturan. “Jangan takut. Karena tugas pemerintah menegakkan aturan. Segera kembali melakukan razia bagi masyarakat yang belum patuh, taat, setia dan disiplin,” tegas Yansen, Jumat (3/7/2020).

Dia mengatakan, masih banyak masyarakat belum taat melaksanakan protokol kesehatan. Misalnya, penggunaan masker, sarung tangan dan jaga jarak.

“Kita sudah melakukan sosialisasi pola hidup sehat, aman dan produktif. Fakta di lapangan, saya lihat masih banyak tidak menggunakan masker. Ada juga pedagang yang tidak menggunakan sarung tangan dan tidak jaga jarak,” katanya.

Dia menegaskan bahwa pola hidup sehat, aman dan produktif ini jangan dianggap biasa-biasa saja. Harus ada ketaatan, kesetiaan, kejujuran dan komitmen menjalankan pola tersebut.

“Kalau tidak ditegakkan, saya yakin akan kembali seperti dulu,” tegasnya. Dia menginstruksikan Tim Gugus Tugas Covid-19 Malinau segera melaksanakan razia ke lapangan.

“Kalau bisa mulai malam ini dilaksanakan razia ke pedagang-pedagang dan masyarakat. Mereka harus tetap diingatkan dan harus taat. Kalau tidak spirit hidup normal dengan pola sehat aman, dan produktif akan menjadi sia-sia,” tutur dia.

Dia mengingatkan kasus Covid-19 secara nasional semakin meningkat. Ini akan menjadi ancaman, khususnya di Kabupaten Malinau.

“Ancaman ini harus kita antisipasi. Jangan sampai terjadi gelombang kedua. Sebab ancaman gelombang kedua akan bisa lebih berbahaya lagi. Jangan sederhanakan ini. Segera lakukan razia dengan tindakan yang humanis. Kalau masih membandel buat surat pernyataan atau teguran terlebih dahulu,” tegasnya.

Yansen mencontohkan saat dirinya tiba di Malinau. Tidak langsung bertemu dengan istri dan anak. “Saya pulang memang dalam keadaan sehat. Tapi belum tentu sehat, karena pulang dari zona merah. Saya punya sikap menyendiri di rumah dinas. Istri dan anak di rumah pribadi. Jangan sampai saya dari zona merah membawa corona,” ungkapnya.

Yansen meminta seluruh camat, kepala desa dan RT di Malinau tidak kendor melakukan pengawasan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

“Jangan terlena dan jangan kendor. Justru harus lebih ditingkatkan lagi. Kalau pola hidup sehat, aman dan produktif ini sudah menjadi budaya. Nah, baru bisa berhenti. Kalau masih belum berjalan, jangan dulu kendor, tapi harus lebih ketat lagi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah