Nunukan

FKUB Nunukan Sampaikan Isu Terkini ke Kapolres

FKUB Nunukan bertemu dengan Kapolres Nunukan. (Foto: Sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Nunukan, Jumat (7/8/2020) pagi menyambangi Mapolres Nunukan.

Kunjungan yang dikemas dalam Forum Silahturahmi FKUB Nunukan dengan Kapolres Nunukan, dalam rangka menciptakan situasi pemilihan kepada daerah (pilkada) aman dan damai.

Ketua FKUB Kabupaten Nunukan H. Hermansyah mengatakan, FKUB akan berperan menyampaikan pesan damai di tahun politik tahun ini digelar Pilgub Kaltara bersamaan dengan Pilbup Nunukan.

Isu-isu terkini disampaikan ke kepolisian bertujuan agar ada langkah upaya antisipasi sejak dini sehingga pilkada di Nunukan berjalan dengan aman.

Hermansyah mengungkapkan, dari informasi beberapa tokoh agama termasuk isu yang berkembang saat ini, segelintir oknum masyarakat mulai menghembuskan isu kesukuan. Hal ini tentu bertentangan dengan semboyan bangsa Indonesia, yakni Bhineka Tunggal Ika.

Kemudian, praktik politik uang yang mencederai pesta demokrasi dalam mencari pemimpin. Selain itu, adanya informasi tentang masuknya aliran agama yang diduga menyimpang dari ajaran Islam.

“Masalah aliran ini masuknya dari Tarakan, kemudian informasinya ada salah satunya masuk Nunukan. Ternyata posisinya itu berada di pulau Nunukan, makanya kita mau telusuri. Nanti juga FKUB akan sosialisasi tentang kerukunan umat beragama, agar masyarakat di sekitar paham dan mengerti,” ujar H. Hermansyah.

Sementara itu, Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar mengapresiasi kunjungan dari FKUB Nunukan. Ia mengatakan, segala sesuatu masukan terkait dengan dinamika kamtibmas maupun potensi permasalahan yang mungkin akan muncul dalam pelaksanaan pilkada, diperlukan pihak kepolisian.

Kepolisian akan melakukan upaya antisipasi sejak dini. Pasalnya, pasti ada suatu potensi masalah akan dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok yang mencari eksistensi.

“Banyak hal-hal yang perlu diwaspadai, mohon bantuannya agar tokoh agama menyampaikan kepada seluruh umat masing-masing untuk tidak mudah terprovakasi, tidak mudah teracak-acak, apakah itu isu suku dan lainnya,” kata kapolres. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah