Kaltim

ESDM Bakal Turunkan Inspektur Tambang dan Tim

Akses masuk ke lokasi yang diduga adanya penambangan ilegal di kawasan jalan masuk Stadion Utama Palaran Kaltim. Dugaan ini mendorong pihak ESDM Kaltim untuk menurunkan tim. (Istimewa)
  • Terkait Dugaan Pertambangan di Dekat Stadion Palaran

SAMARINDA – Adanya dugaan kegiatan pertambangan batu bara ilegal, di area konsesi milik PT Insani Bara Perkasa (IBP) di jalan masuk menuju Stadion Utama Palaran Kaltim, Kelurahan Tani Aman, juga menjadi perhatian Dinas ESDM Kaltim.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, terkait dugaan tersebut Kabid Mineral dan Batu Bara Dinas ESDM Kaltim, Azwar Bursa mengatakan ia telah mendapatkan informasi dari Kepala Teknik Tambang (KTT) PT IBP, jika di kawasan tersebut diduga ada aktivitas penambangan baru bara, dan hal ini telah dilaporkan ke pihak kepolsian.

“Sebenarnya untuk laporan ini, kami hanya mendapatkan tembusan saja dan itu pun dari perusahaan langsung. Karena IBP perusahaan pemegang izin PKP2B, jadi pelaporannya itu langsung ke Kementerian ESDM,” ujarnya.

Tetapi, pihaknya sendiri saat ini belum mengetahui, apakah tembusan itu sudah disampaikan, pasalnya selama dua hari belakangan tak masuk kantor karena sedang sakit.

“Iya, belum saya cek juga, tetapi saya akan koordinasikan ke inspektur tambang dan tim untuk memgecek langsung kesana. Artinya, mencari tahu, itu benar atau tidak ada pertambagan ilegal,” tuturnya.

Sementara, saat disinggung mengenai kemungkinan itu hanya pematangan lahan, ia mengatakan tetap harus ada izin, yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

“Kami harus lihat dulu bukti izin pematangan lahannya, ada atau tidak. Ini soal administrasinya, jadi tidak boleh saya menghakimi kalau itu pematangan lahan. Namun mana buktinya, mana izinnya, siapa yang keluarkan,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar di media sosial (medsos) facebook terkait dugaan adanya penambangan ilegal di kawasan Stadion Utama Palaran Kaltim pada Sabtu (16/1) lalu.

Dalam unggahan foto oleh netizen tersebut bertulisankan jika penambangan batu bara tersebut dilakukan oleh PT Indani Bara Perkasa (IBP), pemilik area konsesi. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah