Ekonomi Bisnis

Dunia Usaha Perlu Lebih Kreatif dan Inovatif

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19: Jaga kebersihan badan dan lingkungan Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer Gunakan masker apabila keluar rumah Jaga jarak dan hindari kerumunan Patuhi imbauan pemerintah
  • Kadin Perluas Jaringan Penjualan Produk Lokal

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pelaku usaha di Kalimantan Utara perlu lebih kreatif saat pandemi Covid-19 belum usai. Demikian disampaikan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kaltara, Kilit Laing, Selasa (12/1/2021).

“Walaupun sekarang masih kondisi Covid-19 yang semakin bertambah, kita harapkan bisa tetap menggerakkan perekonomian,” kata Kilit saat diwawancara sebelum Musyawarah Kabupaten VII Kadin Bulungan.

Kreativitas dan inovasi penting untuk dilakukan sehingga produk yang dihasilkan bisa menyesuaikan perkembangan kebutuhan konsumen. Berikut juga dengan sejumlah aturan baru saat pandemi.

“Kita harus pintar dalam membaca peluang yang ada. Baik untuk pelaku usaha skala kecil, menengah atau besar. Baik itu sektor perdagangan, konstruksi atau yang lainnya,” jelas Kilit.

Selain perlu membaca peluang di sekitar, pelaku usaha diimbau gemar mencari informasi terbaru terkait sektor yang ditekuni, sekaligus bertukar pikiran dengan rekan sesama pengusaha.

“Kita perlu referensi agar bisa kreatif dan inovatif. Selain mengamati langsung perkembangan di lapangan, kita juga perlu mengupdate informasi dan berdiskusi dengan pengusaha lainnya,” kata Kilit.

Terkait sejumlah program bantuan dari pemerintah, Kilit menyambut baik hal tersebut. Semisal adanya penguatan modal dari pemerintah daerah, restrukturisasi kredit dari pemerintah pusat dan lainnya.

“Kita menyambut baik itu semua. Adanya pinjaman atau bantuan modal dan keringanan di bank, memang sangat membantu,” ungkapnya.

Pemerintah daerah juga diharap terus memperhatikan para pelaku usaha lokal. Terlebih kegiatan pemerintah menjadi salah satu konsumen utama dari para pelaku usaha.

Mengenai peran Kadin Kaltara di tahun 2021, Kilit mengungkapkan, pihaknya akan kembali menjembatani penjualan produk lokal, baik di tingkat regional hingga internasional.

“Selama ini kita sudah banyak menginisiasi kerja sama antar pengusaha lokal kita dengan buyer. Baik itu skala regional sampai internasional, khususnya dengan Malaysia, Filipina dan Brunei Darussalam,” kata Kilit.

“Hubungan kita dengan semacam Kadin di negara tersebut juga bagus, seperti Tawau Chinese Chambers, Dewan Perniagaan Melayu Sabah, Tawi-Tawi Chambers dan lainnya,” tambahnya.

Sementara ini, produk Kaltara yang terkenal di negara perbatasan, berasal dari sektor pertanian. Oleh karena itu, pendampingan dari Kadin juga berkutat di sana.

“Kalau untuk perbatasan, produk pertanian kita sangat bagus. Jadi kita perlu melakukan pendampingan agar pelaku usaha tetap berkelanjutan, mampu kompetitif dan bisa bertambah nilai jualnya,” jelas Kilit.

Disamping itu, Kadin Kaltara juga akan mendorong kegiatan dan kebijakan pemerintah daerah yang sesuai kebutuhan pelaku usaha. Dengan begitu, aktivitas pelaku usaha bisa lebih terfasilitasi dengan baik.

“Sesuai peran dan fungsi kita, Kadin adalah mitra pemerintah yang diatur undang-undang. Kita berupaya agar bisa hadir dalam setiap penyusunan kegiatan dan pengambilan kebijakan. Khususnya yang berkaitan dengan dunia usaha,” pungkasnya. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah