Tana Tidung

Dua Sekolah di KTT Mulai Terapkan Tatap Muka

Pembelajaran tatap muka di sekolah

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Mengacu hasil rapat koordinasi (Rakor) yang dilakukan pemerintah Kabupaten Tana Tidung (KTT) bersama organisasi guru, LPMP Kaltara, Kemendikbud, INOVASI, DFAT Australia dan mitra strategis pada Selasa (20/10/2020) lalu, pembukaan sekolah dengan tatap muka secara langsung dilakukan bertahap.

Di KTT, SMPN 3 dan SMPN 5 mendapat giliran pertama sekolah tatap muka.

“Ada dua sekolah yang dibuka dengan memulai tatap muka di sekolah dan ini sudah dilakukan sejak kemarin, Senin (26/10/2020) adalah SMPN 3 Tana Tidung di Kecamatan Betayau dan SMPN 5 Tana Tidung di Kecamatan Muruk Rian,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Dinas Pendidikan (Disdik), Irdiansyah, Selasa (27/10/2020).

Kedua sekolah tersebut dibuka lantaran telah mengantongi izin pembelajaran tatap muka di sekolah dari pemerintah melalui Disdik yang mengacu izin bupati dan rekomendasi Dinas Kesehatan (Dinkes) setelah melalui proses panjang supervisi beberapa waktu yang lalu.

“Ada beberapa pertimbangan kedua sekolah ini dibuka terlebih dahulu, mulai dari mobilitas warga, rasio guru dengan jumlah siswa yang ada, kemudian tingkat resiko dan dukungan masyarakat,” terang dia.

Pembukaan sekolah lainnya untuk tatap muka di KTT akan dilakukan secara bertahap. Itupun dimulai dengan simulasi terlebih dahulu dan dengan melihat perkembangannya kedepan.

Jika diketahui tidak terjadi peningkatan resiko penyebaran Covid-19 maka pembukaan sekolah lainnya tersebut akan dilanjutkan.

Simulasi dilakukan guna memastikan warga satuan pendidikan dapat menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan semaksimal mungkin.

Selain itu, terdapat standar operasional prosedur (SOP) yang juga harus dipatuhi. SOP sendiri disusun bersama instansi terkait yang terhimpun dalam pos pendidikan.

“Kita berharap penerapan protokol kesehatan akan dapat dilaksanakan semaksimal mungkin agar pembukaan sekolah yang kita lakukan ini dapat dijalankan dengan lancar, dan seluruh sekolah di KTT dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka secara langsung kedepannya,” harap dia. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah