Nunukan

Dua Pasien di Nunukan Dimakamkan Standar Covid-19

Pemakaman standar Covid-19 di Nunukan. (Foto: Istimewa)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Satgas Penanganan Covid-19 Nunukan memakamkan dua pasien Covid-19 yang meninggal dunia pada Jumat (8/1/2021). Pasien itu, berinisil WD (54) warga Pembangunan, Nunukan Barat. Pasien dari hasil swabnya, pasien ini dikonfirmasi positif Covid-19 tanggal 8 Januari 2021 di Ruang ICU RSUD Nunukan dan dilakukan pemakaman secara Covid.

Kemudian, pasien berinisial ML (77) warga Ahmad Yani, Nunukan Tengah. Pasien ini status pasien probable yang juga meninggal tanggal 8 Januari 2021 di ruang ICU RSUD Nunukan. Pasien ini dirawat dengan diagnosa suspek pneumonia dan syok sepsis.

“Satu orang meninggal dunia dinyatakan positif Covid-19 dan satunya masih status pasien probable atau suspek yang menunjukkan pemburukan kondisi. Tapi, pasien probable ini belum sempat diambil swab spesimennya. Tapi, keduanya kita makamkan dengan standar Covid di Pemakaman Terpadu Nunukan Selatan. Jadi, malam itu keduanya langsung dimakamkan,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanangan Covid-19 Nunukan Aris Suyono kepada Koran Kaltara, Minggu (10/1/2021).

Selain itu, dia menjelaskan bahwa pada Sabtu (9/1/2021), ditemukan 12 orang kontak erat dari suspek terkonfirmasi positif.
“Dan, Minggu (10/1/2021), dilaporkan tidak ada penambahan kasus, namun ada lima pasien yang dinyatakan sembuh,” kata dia.

Saat ini, kata dia, kasus konfirmasi di Kabupaten Nunukan secara keseluruhan berjumlah 722 orang. Rinciannya, 525 orang masih dirawat dan 190 orang dinyatakan sembuh.

“Tapi, sebagian besar pasien konfirmasi ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Dan, ada pula menjalani isolasi di RSUD Nunukan,” ungkapnya.

Dia meminta masyarakat yang menjalani isolasi mandiri, agar tidak keluar rumah. Sebab, hal itu bisa berbahaya dan menularkan kepada warga sekitarnya.

“Begitu juga suspek dan merasa menjadi kontak erat agar benar-benar isolasi mandiri dan mengurangi kontak langsung dengan warga sekitar,” pungkasnya. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah