Politik

Dua Parpol Baru Daftar ke Kesbangpol

Muhammad Haris

TARAKAN, Koran Kaltara Dua partai politik baru mendaftar ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) sebagai salah satu syarat berkompetisi dalam pemilihan umum 2024. Kedua parpol tersebut di antaranya Gelora dan Nusantara.

“Baru Ada 2 parpol yang sudah mendaftar. Kalau Gelora sudah sejak 18 Nopember 2020, sedangkan Nusantara baru saja, untuk partai Ummat (besutan pendiri PAN, Amin Rais) belum ya,” terang Kepala Kesbangpol Tarakan, Muhammad Haris, saat ditemui Koran Kaltara, Rabu (31/3/2021).

Meskipun demikian, untuk partai Nusantara masih ada beberapa berkas yang harus dilengkapi. Pihaknya memastikan dalam 2-3 hari sudah tuntas. Syarat mendaftar ke Kesbangpol adalah surat rekomendasi dari pengurus pusat, AD ART, mandat dari DPP dan DPW/DPD.

“Untuk partai Nusantara yang belum lengkap belum memiliki surat pernyataan tidak akan ikut campur urusan partai lain, tidak sebagai anggota partai lain dan surat permohonan ke Kesbangpol yang juga disertakan, bukan hanya secara lisan tetapi harus ada wujud surat sebagai bukti administrasi,” ucap Haris.

Meskipun setiap parpol baru wajib mendaftarkan diri ke Kemenkumham RI, namun kepengurusan di daerah juga wajib yakni di Kesbangpol baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Imbauan kita, harus kita taati azas dan berkas-berkas parpol mulai dari pusat hingga ke daerah dalam rangka melegalisasi supaya bisa bertarung di pemilu 2024, oleh karena itu harus melengkapi semua syarat administrasinya, karena kalau tidak maka tidak akan lolos,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nusantara Kalimantan Utara, Yoko Handani mengatakan, bahwa partainya baru terbentuk di Kaltara sekitar 3 pekan lalu, bahkan kepengurusan juga sudah berada di 4 kabupaten 1 kota.

“Setiap daerah sudah ada ketua, sekretaris, dan bendahara. Tugas kami selanjutnya membentuk Pengurus Anak Cabang (PAC) yang saat ini sudah mencapai 40 persen se-Kaltara sedangkan di Tarakan sudah lengkap. Kami juga sudah mendaftar di kesbangpol kabupaten/kota, kalau untuk kepengurusan di provinsi kami mendaftar di Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur karena di Kaltara belum ada,” terang Yoko Handani, Rabu (31/3/2021).

Lebih lanjut dikatakan Yoko, partai Nusantara adalah partai nasionalis yang menyasar bukan hanya kaum milenial tetapi juga tokoh agama, tokoh masyarakat, dan semua kalangan. Untuk membesarkan partai baru, dibutuhkan sinergitas dan kerjasama semua kader, untuk bisa senasip dan sepenanggungan. Sehingga saat bekerja bisa berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

“Target kami mencetak generasi milenial menjadi pemimpin baik di legislatif maupun sebagai kepala daerah, sehingga kita bisa berkontribusi dalam dunia perpolitikan di Kaltara. Tujuanya seperti itu, untuk saat ini kami bersama-sama mengawal pemerintahan baru di Kaltara supaya ikut juga membangun daerah,” paparnya.

Dalam waktu dekat, pengurus partai Nusantara Kaltara akan melakukan roadshow mendatangi kepala daerah yang ada di Kaltara untuk memperkenalkan partai baru sekaligus menjalin silaturahmi. Pada pemilu 2024, ditargetkan akan mendapatkan 20-30 persen posisi di parlemen. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah