Hukum Kriminal

Dua Oknum Polsek Lumbis Diduga Terlibat Sabu ASN Cantik

Dua oknum polisi diduga terlibat sabu yang dibawa seorang ASN di Nunukan. (foto: Asrin)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Penangkapan oknum Aparatus Sipil Negara (ASN) berinisial DS (32) warga Jalan Gajah Mada, Nunukan Tengah berbuntut panjang. Sebab, kasus ini diduga melibatkan dua oknum polisi yang bertugas di Polsek Lumbis.  Hal ini disampaikan Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar kepada Koran Kaltara, Minggu (21/2/2021).
Dia mengatakan, sabu yang dibawa DS seberat 46,41 gram merupakan pesanan oknum polisi Brigadir EBP dan Briptu EWN. Mereka bertugas di Polsek Lumbis.

“Jadi sabu ini dipesan Brigadir EBP dengan nilai order Rp10 juta. Dana ini sudah ditransfer ke rekening DS oleh rekan Brigadir EBP yakni Briptu EWN. Kedua rekan kerja di Polsek Lumbis,” ungkapnya.

Menurut dia, terkuaknya keterlibatan oknum polisi ini berdasarkan BAP tersangka DS. Bahkan, hingga saat ini ketiga tersangka dalam proses penyidikan oleh penyidik Satresnarkoba Polres Nunukan dengan status penahanan.

“Sebagaimana yang pernah saya sampaikan sebelumnya, bagi anggota yang terlibat penyalahgunaan dan peredaran narkoba, apapun jenis barangnya, tetap akan mempertanggungjawabkan perbuatanya secara pidana di Peradilan Umum sesuai Ketentuan UU Nomor 39 Tahun 2009 tentang Narkotika dan derajat keterlibatannya,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, secara internal kedua oknum polisi ini akan dikenakan sanksi disiplin/kode etik oleh Seksi Propam Polres Nunukan, dengan sanksi administrasi.  Bahkan bisa sampai Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH).

“Saya sudah ingatkan jajaran untuk tidak ada lagi yang coba-coba. Sanksi pidana sesuai putusan sidang,” bebernya.

Diketahui, keterlibatan dua oknum polisi ini bermula dari hasil pengungkapan kasus tanggal 11 Februari lalu di Dermaga Sei Jepun, Nunukan. Di lokasi ini, polisi menangkap DS, seorang ibu muda yang belakangan diketahui sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Disdikbud Kabupaten Nunukan. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah