Pendidikan

Dua Murid SD Nunukan Lolos Ikut KSN-SD Tingkat Nasional

Kadisdikbud Nunukan, Junaidi

NUNUKAN, Koran Kaltara – Dua murid Sekolah Dasar (SD) asal Nunukan lolos mengikuti Kompetisi Sains Nasional-Sekolah Dasar (KSN-SD) tingkat Nasional Tahun 2020 bidang lomba Matematika dan IPA.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Nunukan H Junaidi mengatakan, kedua murid SD itu bernama Naufal Zaky Assidiq dari SD Ibnu Sina Nunukan. Naufal Zaky Assidiq mengikuti lomba Matematika.

Kemudian, Gilang Pratama Affandi dari SD 005 Nunukan yang mengikuti lomba IPA.

Dia mengatakan, kedua peserta asal Nunukan ini tertuang dalam Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 2110/J3/PD/2020 tentang Penetapan Calon Peserta KSN-SD tingkat Nasional Tahun 2020.

“Alhamdulillah, Disdikbud Kabupaten Nunukan berhasil mengantarkan peserta didiknya ke ajang prestasi nasional,” terangnya kepada Koran Kaltara, Minggu (11/10/2020).

Junaidi menyampaikan bahwa penetapan peserta KSN-SD tingkat nasional tahun 2020 bidang lomba Matematika dan IPA merupakan hasil seleksi dan penetapan pada tanggal 6-11 Oktober 2020 di Bogor Green Forest Horison, Kota Bogor, Jawa Barat. “Kemarin dilakukan secara daring,” terangnya.

Junaidi menjelaskan lolosnya dua peserta dari Nunukan menjadi bukti, kalau anak didik di perbatasan bisa bersaing dengan pelajar di luar daerah, bahkan ibukota lainnya.

“Kita sangat bangga. Meskipun kita berada di perbatasan, namun pendidikan kita mampu bersaing,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Kabupaten Nunukan Widodo menjelaskan seleksi tersebut dimulai dari kabupaten, provinsi hingga nasional.

“Per kabupaten itu mengikutsertakan enam orang mengikuti tingkat provinsi pada 7 Oktober lalu secara daring. Pada waktu tingkat provinsi Nunukan, ada dua pelajar Nunukan lolos, yakni Matematika dan IPA. Mereka memperoleh nilai tertinggi,” kata dia.

Dia menyampaikan, bahwa lomba tingkat nasional tersebut kemungkinan dilaksanakan dalam waktu dekat. Sebab, SK penetapan peserta tingkat nasional sudah diterbitkan.

“Ini sebenarnya rekomendasi dari Dinas Pendidikan. Jadi bersurat ke sekolah-sekolah siapa yang anak didiknya mau ikut kita fasilitasi,” kata dia. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah