Hukum Kriminal

Dua Kali Tertangkap karena Sabu, Rusdi Divonis 35 Tahun Penjara

Sidang pembacaab putusan Rusdi. (Foto: Sahida)

TARAKAN, Koran Kaltara – Baru saja divonis hukuman 5 tahun penjara pekan lalu, untuk perkara sabu kurang dari 1 gram, Rusdi kembali mendapatkan vonis untuk dua perkara lainnya di Pengadilan Negeri Tarakan, Selasa (13/10/2020).

Humas Pengadilan Negeri Tarakan, Melcky Johny Ottoh mengungkapkan untuk perkara 239 gram sabu, Rusdi divonis hukuman 15 tahun penjara. Sedangkan untuk perkara pemufakatan jahat bersama Aripuddin, Rusdi divonis hukuman 20 tahun penjara.

“Vonis 15 tahun penjara dan 20 tahun penjara. Pertimbangan kita si Rusdi ini sudah pernah tersangkut masalah pidana dulu. Kemudian, tertangkap lagi dan masih dalam sel masih berstatus tahanan, dia malah menjadi perantara penjualan sabu lagi,” ujar Melcky dikonfirmasi usai sidang.

Karena mengulangi lagi perbuatan tindak pidana inilah, akhirnya membuat Rusdi divonis hukuman tinggi untuk dua perkara yang menjeratnya.

Tahun lalu, Rusdi juga pernah ditangkap Dit Resnarkoba Polda Kaltara dengan barang bukti 480 gram bersama tiga orang lainnya, termasuk Muhammad Lalid yang tertangkap di Parepare, Sulawesi Selatan pekan lalu.

Rusdi, Lalid dan dua orang ini dibebaskan Majelis Hakim hingga tingkat kasasi karena dianggap terbukti tidak bersalah.
Kemudian Rusdi ditangkap lagi April lalu dengan barang bukti sabu di bawah 1 gram. Saat masih dalam sel di Rutan Polres Tarakan, Rusdi tetap berjualan sabu dan malah tertangkap berjualan sabu dalam sel.

“Rusdi ini jual sabu dengan barang bukti ditemukan polisi di rumahnya. Kemudian, sudah ditangkap masih tidak jera dan malah mengulangi perbuatannya dengan menjadi perantara dan penghubung dari dalam sel,” ungkapnya.

Melkcy menjelaskan, karena perkara yang menjerat Rusdi berbeda, untuk vonis juga berbeda. Jadi, hukuman yang harus dijalani Rusdi ditambah sesuai dengan vonis yang dijatuhkan. “Tapi Rusdi belum terima tadi pas putusan dibacakan, masih pikir-pikir,” imbuhnya.

Sementara itu, Penasehat Hukum Rusdi, Nazamuddin menuturkan perkara yang menjerat Rusdi ini ada yang hanya sendiri dan satu perkara lagi berdua dengan temannya Aripuddin.

Namun, baru Rusdi yang vonisnya sudah dibacakan sedangkan Aripuddin masih pekan depan.

“Kalau Rusdi nyabu dalam sel hukumannya 15 tahun. Terus yang untuk perkaranya sabu sendiri divonis 20 tahun. Rusdi masih pikir-pikir,” tuturnya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah