Headline

Dua Kali Terjangkit Corona

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy.
  • Kasus Covid-19 di Kaltara Makin Tak Terbendung

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Provinsi Kalimantan Utara terus mencatat adanya penambahan kasus Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Bahkan dari data perkembangan per hari yang disampaikan melalui Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy, lonjakan kasus tampak makin tak terbendung.

Berdasarkan rilis tertulis yang dikirimkan Agust Suwandy Jumat (27/11/2020), setidaknya ada sebanyak 57 kasus baru yang muncul di Kaltara. Kasus-kasus baru itu terdiri dari pada pelaku perjalanan dari luar daerah, Klaster Rumah Sakit di Tarakan, Klaster Pekerja Proyek di Bulungan hingga kasus transmisi lokal dan kontak erat yang tersebar di tiga daerah di Kaltara.

“Data penambahan kasus hari ini (kemarin) 21 orang dari Tarakan, 30 orang dari Bulungan dan enam orang dari Malinau,” sebut, Agust kemarin.

Adapun kasus kesembuhan jika dibandingkan dengan penambahan kasus baru per harinya masih tergolong rendah. Seperti data kemarin, saat penambahan kasus ada 57 orang, data kesembuhan hanya dua orang di Nunukan.

“Data tambahan sembuh dua orang dari Nunukan. Yang pertama SA, perempuan usia 62 tahun merupakan kontak erat dan kedua SH, laki-laki usia 66 tahun merupakan pelaku perjalanan dari Tanjung Selor,” ujarnya.

Terhadap update data itu, hingga pekan terakhir Bulan November ini jumlah kasus aktif di Kaltara bertambah menjadi 438 kasus. Masih menjadi penyumbang terbesar adalah Tarakan dengan 326 kasus. Adapun diurutan kedua adalah Bulungan dengan 95 kasus. Kemudian tiga daerah lain masing-masing Malinau 7 kasus, Tana Tidung 7 kasus dan Nunukan 3 kasus.

Hal baru muncul dalam data yang disajikan kemarin, dimana terdapat satu pasien yang dinyatakan kembali terpapar Virus Corona. Yaitu, seorang laki-laki inisial MP (64 Tahun) di Bulungan, merupakan kasus transmisi lokal sekaligus tertulis sebagai kasus re-infeksi.

Selain itu, ada pula penambahan kasus kematian akibat covid-19 di Tarakan. Seorang perempuan inisial MT (75 Tahun) meninggal dunia akibat Corona. Sehingga jumlah orang meninggal dunia bertambah menjadi 17 orang di Kaltara.

“Akumulasi positif covid-19 di Kaltara sebanyak 1.377 kasus dan pasien sembuh sebanyak 923 orang, meninggal dunia 17 orang. Sehingga yang masih dirawat (kasus aktif) sebanyak 438 orang,” pungkasnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah