Kaltara

Dua Bulan Persiapan, Touring Ditutup dengan Iring-iringan

Iring-iringan kendaraan saat istirahat sejenak di perjalanan pulang dari Sekatak ke Tanjung Selor. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Mengikuti Pendidikan Pemilih dan Touring Pilkada Tahun 2020 (Habis)

Puncak Pemilihan Serentak Tahun 2020 pada 9 Desember mendatang diharapkan berjalan sukses dengan tingkat partisipasi yang baik. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui agenda touring pilkada selama hampir satu pekan telah selesai. Masyarakat yang ‘terpilih’ jadi objek sosialisasi diminta jadi pionir sosialisasi kepada khalayak umum.

FATHU RIZQIL MUFID/KORAN KALTARA

RASA puas terpancar dari wajah seluruh tim sosialisasi KPU Kaltara. Setelah agenda terakhir selesai di Desa Sekatak Buji Kecamatan Sekatak, Kamis (6/8/2020) malam. Di sela persiapan pulang ke Tanjung Selor, semua rombongan foto bersama menandakan kerja tim tuntas secara keseluruhan.

“Sosialisasi ini selesai dengan cekatan. Ini berkat kerja keras dan kerja cerdas semua tim. Ke depan masih banyak agenda yang kita hadapi, semoga bisa kita sukseskan pemilihan serentak tahun ini,” kata Komisioner KPU Kaltara Divisi Teknis Penyelenggaraan Teguh Dwi Subagyo saat menyampaikan arahan kepada seluruh tim.

Untuk diketahui, butuh waktu sekitar dua bulan mempersiapkan agenda touring tersebut. Kepada pewarta, Komisioner KPU Kaltara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM Haryadi Hamid mengaku banyak tantangan yang dihadapi sebelum pelaksanaan kegiatan. Apalagi hal itu merupakan inovasi pertama bagi KPU yang ia nakhodai sebagai bagian dari kerja-kerja divisinya.

“Dua bulan kita persiapkan. Menentukan lokasi dan waktunya. Dimana tiap-tiap tempat yang akan didatangi, secara detail sudah dipetakan. Berapa jam perjalanan, kegiatannya seperti apa, waktu makannya sampai jam istirahatnya semua tersusun. Dan alhamdulilah semuanya berjalan sesuai rencana,” tuturnya.

Dan benar saja, susunan dan agenda yang sebelumnya dibagikan kepada pewarta terealisasi dengan baik. Bahkan, dari sisi pembagian waktu, sampai agenda terakhir di Bulungan, justru berjalan lebih cepat dari jadwal.

Tertulis dalam rundown kegiatan touring, usai sosialisasi terakhir pada malam harinya, tim seharusnya istirahat menginap di Sekatak. Namun, disepakati bersama tim langsung pulang ke ibukota provinsi.

Sekitar Pukul 21.30 Wita, sebanyak 11 kendaraan roda empat berjajar di pinggir jalan. Persiapan iring-iringan mobil kembali pulang usai kegiatan terlaksana. Terdengar melalui HT (Handy Talky), para driver tengah mengatur posisi untuk pulang di malam hari.

“Semua mobil sudah di posisi, ayo berangkat dengan kecepatan 60 (kilometer/jam),” ujar salah satu driver memberikan arahan.

“Ayo digas,” kata driver lainnya menimpali melalui jalur HT.

Diiringi alunan musik dalam mobil, ditambah dinginnya cuaca malam. Seakan enggan melepaskan kebersamaan seluruh tim yang terdiri dari hampir semua jajaran sekretariat KPU, kepolisian dan pewarta Koran Kaltara.

Waktu tempuh sekitar 2,5 jam terasa singkat. Namun, lewat tengah malam, iring-iringan mobil memasuki jalan dalam kota. Saat tiba di Jalan Sengkawit, mobil yang kami tumpangi berpisah dari rombongan. Masuk ke Jalan Padelo, mengantar pewarta sampai di depan rumah.

“Terima kasih,” kataku kepada driver dan seorang polisi yang setia menemani selama hampir satu pekan. (***)

Editor: Hariadi

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah