Politik

Dua Anggota DPRD Malinau Resmi Dilantik

Pelantikan anggota DPRD Malinau secara virtual. (Foto: Sollaimansyah)

MALINAU, Koran Kaltara – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Malinau Bilung Ajang resmi melantik Djalung Merang dan Herman ST sebagai anggota DPRD Malinau melalui Rapat Paripurna anggota DPRD Malinau masa sidang ke-3 tahun 2021, Rabu (6/1/2021) pagi. Agendanya, Pengucapan Sumpah/Janji Penganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD sisa masa jabatan 2019-2024 dari Fraksi Demokrat dan Fraksi Golkar.

Plt Ketua DPRD Malinau Bilung Ajang memimpin rapat paripurna secara virtual dari di rumah dinasnya di Kecamatan Malinau Barat. Anggota DPRD yang dilantik dan anggota DPRD lainnya juga berada di rumah masing-masing.

Menurut Bilung Ajang, bahwa rapat paripurna di awal tahun 2021 ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab, grafik pandemi Covid-19 di Kabupaten Malinau cukup tinggi. “Makanya, sidang paripurna istimewa ini kita laksanakan secara virtual,” tutur Bilung, Rabu (6/1/2021).

Bilung mengatakan, rapat paripurna ini secara resmi memberhentikan Pdt Martin Labo sebagai anggota DPRD Malinau dan digantikan Djalung Merang dari Fraksi Golkar. Begitu pula Wempi W Mawa digantikan Herman ST dari Fraksi Demokrat. “Ini sesuai SK dari Gubernur Kaltara,” kata Bilung.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Malinau Makson menyampaikan bahwa jadwal pelantikan PAW anggota DPRD itu sebenarnya pada akhir tahun 2020. Namun, karena ada agenda pengesahan Perda APBD 2021, maka ditunda dan dilaksanakan di awal Januari 2021.

“Karena ada permintaan dari pemerintah daerah agar mempercepat pengesahan APBD 2021, sehingga kita tunda. Namun pelaksanaan pelantikan berjalan dengan baik, meski secara virtual,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata dia, akan diagendakan pelantikan Ketua DPRD Malinau definitif. Tetapi, masih menunggu keputusan dari Fraksi Demokrat. “Karena yang memutuskan siapa yang akan menjabat Ketua DPRD itu berdasarkan dari Partai Demokrat,” jelasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah