Bulungan

Drainase di Bulungan Mulai Diperbaiki

DPU-PR Bulungan mulai lakukan perbaikan drainase di jalan. (foto: Norjannah)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pemkab Bulungan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU- PR) Bulungan, mulai melakukan berbagai agenda perbaikan infrastruktur di wilayah kita, salah satunya sistem drainase.

Tak dipungkiri drainase di area kota Tanjung Selor, sering dikeluhkan karena tersumbat, alhasil air tak mengalir. Ketika hujan lebat kadang kala beberapa ruas jalan tergenang.

Kepala DPU-PR, Bulungan Khairul, menyampaikan, tahun ini pihaknya mulai melakukan perbaikan beberapa drainase.

Terutama untuk titik drainase yang tersumbat, sebagian besar drainase yang kurang baik berada di persimpangan jalan.

“Kita mulai bertahap, drainase kita belum tersistem dengan baik. Sehingga perlu kita atur kemana arahnya aliran itu. Ini kita perbaiki kita salurkan alirannya menuju sungai, salah satunya itu nanti kita arahkan ke Jalan Jeruk dan Jalan Salak,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini, hanya drainase Jalan Salak yang alirannya normal. Tetapi jika alirannya dibenahi, beberapa ruas jalan yang drainasenya bermasalah, ia meyakini secara otomatis air akan turun dan tidak ada genangan.

“Kita buat dulu membuat jalur di Jalan Binjai, setelah itu akan dibuatkan plat deker atau jembatan berupa pasangan batu. Aliran untuk drainase sepanjang Jalan Duku dan Jalan Binjai akan diarahkan ke Sungai Selor,” ungkapnya.

Diarahkan ke Sungai Selor karena elevasinya dinilai rendah dibandingkan ke drainase menuju Jalan Sengkawit.

Khairul menambahkan, tak hanya membuat plat deker di Jalan Binjai, DPU-PR juga akan membuat 2 plat deker di Jalan Rambutan.

“Itu akan dipasang di sekitaran Kantor Gubernur Kaltara dan dipasang di simpangan Jalan Rambutan Jalan Jeruk, lalu di Jalan Salak dengan Jalan Rambutan dan di Jalan Langsat. Kita rencanakan ada 4 titik,” jelasnya.

Selain menggunakan APBD, perbaikan tersebut diketahui juga memaksimalkan alokasi Bantuan Keuangan (Bankeu) sekitar Rp200 juta. (*)

Reporter: Norjannah
Editor: Sobirin

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment