Politik

DPT Tarakan Ditetapkan 143.130 Pemilih dan Jumlah TPS 428

Pleno penetapan DPT oleh KPU Tarakan. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – KPU Kota Tarakan telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara sebanyak 143.130.

DPT ditetapkan melalui rapat pleno terbuka yang dipimpin Ketua KPU Tarakan Nasruddin, dihadiri anggota KPU, Bawaslu, Disdukcapil dan tim kampanye pasangan calon, Kamis (15/10/2020).

“Sesuai dengan yang kita baru saja tetapkan, bahwa data untuk di tingkat Kota Tarakan, jumlah DPT 143.130 dan itu sudah kita sampaikan di hadapan semua tim pemenangan paslon,” jelas Nasruddin.

Nasruddin mengatakan, hasil DPT sudah disepakati oleh semua pihak dan selanjutnya data tersebut akan direkap di tingkat provinsi pada tanggal 17 Oktober 2020. Setelah itu akan diumumkan di masing-masing kelurahan.

Data DPT yang sudah ditetapkan ada perubahan dari DPS (daftar pemilih sementara) yang jumlahnya 143.605.

“Jelas ada perubahan tapi tidak signifikan. Perubahan terjadi karena ada beberapa hal, salah satunya masukan dari masyarakat dan ada penambahan jumlah pemilih di Lapas Kelas II A Tarakan,” terangnya.

Nasruddin mengatakan, bahwa semua ini hasil kerja maksimal tim KPU, mulai dari PPDP, PPS, PPK yang telah berupaya maksimal mendapatkan data.

“Jadi data inilah yang bisa kita pertanggungjawabkan dan kita dapatkan di lapangan secara riil dan masukan dari masyarakat,” tegasnya.

Untuk mendapatkan data DPT membutuhkan waktu kurang lebih tiga bulan, mulai dari PPDP melakukan coklit, kemudian ditetapkan DPS setelah itu memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan masukan.

“Kita juga lakukan uji publik, dimana kita mengundang kembali masing-masing TPS dan tokoh masyarakat untuk menganalisis data memberikan masukan dan koreksi, sehingga semua sudah kita akomodir,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah