Bulungan

DPT Pilkada Bulungan Ditetapkan 96.098 Pemilih

Penetapan DPT Bulungan yang dilaksanakan oleh KPU Bulungan, Jumat (16/10/2020). (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Terjadi Penambahan 1.034 Pemilih dari DPS

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pada Hari Jumat (16/10/2020), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan melakukan pleno rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Pleno tersebut dihadiri dipimpin langsung oleh Ketua KPU Bulungan Lili Suryani didampingi empat komisioner lainnya. Tampak pula Ketua Bawaslu Bulungan Ahmad.

Berdasarkan hasil pleno tersebut, DPT Bulungan pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 sebanyak 96.098 pemilih. Jumlah tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi dari 10 kecamatan berdasarkan laporan dari tiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Bulungan. Kemudian terdapat 81 desa dan kelurahan serta sebanyak 332 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Untuk DPT Bulungan ditetapkan hari ini sebanyak 96.098. Terdiri dari 50.049 laki-laki, dan sebanyak 45.689 pemilih perempuan,” ujar Lili Suryani, kemarin. Jika dibandingkan dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kabupaten Bulungan beberapa waktu lalu, terjadi penambahan sekitar 1.034 pemilih. Pasalnya pada penetapan DPS lalu, total pemilih sebanyak 95.064 orang.

Pada penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) beberapa waktu lalu, pemilih di Bulungan hanya sebanyak 95.064 orang. Adanya tambahan tersebut menurut Lili Suryani setelah adanya masukan masyarakat. Termasuk saran perbaikan dari Bawaslu.

“Jadi tambahan itu pertama dari semua desa tanggapan masyarakat pada saat DPS pengumuman dan pasca penetapan pleno rekapitulasi di kecamatan. Ada tambahan dari pemilih pemula juga, termasuk yang masyarakat sendiri ada yang datang melapor karena tidak terdaftar,” jelasnya.

Disinggung soal potensi data berubah, Lili menegaskan sejauh ini DPT sudah final. Belum ada regulasi yang mengatur perubahan data lanjutan jika ada masukan.

“Belum ada regulasi soal perubahan DPTHP. Kalau ada misalnya edaran perbaikan Bawaslu nantinya, nanti kita tunggu regulasi. Karena harus ada dasar hukumnya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah