Politik

DPS Malinau Berjumlah 50.659 Pemilih

Ketua KPU Malinau, Lasinias

MALINAU, Koran Kaltara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malinau merilis jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS). Data itu telah disampaikan KPU dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dari penetapan DPS di tingkat Kabupaten Malinau, Minggu (13/9/2020).

Ketua KPU Malinau, Lasinias menyebutkan DPS Kabupaten Malinau berjumlah 50.659 pemilih. Rinciannya, pemilih laki-laki 26.305 orang dan pemilih perempuan 28.254 orang.

“Ini tersebar 15 kecamatan dan 109 desa di 212 TPS,” ungkap dia kepada Koran Kaltara, Selasa (15/9/2020).

Lasinias menyampaikan meski telah ditetapkan menjadi DPS tingkat Kabupaten Malinau, namun DPS itu akan dikirimkan ke PPS melalui PPK untuk diumumkan kembali.

“Jadi akan diuji publik lagi. Misal, ada masyarakat belum terdaftar, maka bisa dilaporkan ke PPS dan akan dilakukan perbaikan,” jelas Lasinias.

Menurut dia, masing-masing PPS akan menempatkan seluruh jumlah DPS tersebut di tempat umum, agar mudah dijangkau masyarakat.

“Kami berharap masyarakat bisa pro aktif ke masing-masing PPS atau TPS, untuk meyakinkan apakah sudah terdaftar atau belum. Dan bisa juga mengecek di web lindungi hak pilihmu,” jelasnya.

Menurut dia, KPU masih terbuka bagi masyarakat yang belum masuk basis data. “Jadi masih ada jeda waktu uji publik dalam DPS ini,” katanya.

Dia menegaskan, DPS ini sewaktu-waktu bisa berubah karena waktu pemilihan masih panjang. Sehingga dimungkinkan akan terjadi pengurangan.

“Misal, ada yang meninggal dunia. Karena jangka waktu yang panjang. Jadi angka yang ini masih fleksibel,” ujarnya.

Menurut dia, DPS ini sudah disampaikan ke Bawaslu dan masing-masing pimpinan partai politik yang mengusung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Malinau tahun 2020.

“Kita juga sudah sampaikan ke Bawaslu dan parpol yang mengusung bakal calon,” ungkapnya.

Lasinias berharap masyarakat yang belum terdaftar di database KPU untuk segera melaporkan diri, dengan membawa KTP dan kartu keluarga.

“Bagi warga yang belum terdaftar, bisa melaporkan ke petugas lapangan. Dengan catatan membawa KTP dan KK secara lengkap,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah