Politik

DPRD Monitoring Pembangunan Gedung Serbaguna

Rombongan Komisi III saat di lokasi pembangunan. (Foto : Agung)Rombongan Komisi III saat di lokasi pembangunan. (Foto : Agung)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tana Tidung, melakukan monitoring pembangunan Gedung Serbaguna di Jalan Inhutani, Selasa (7/9/2021).

Ketua Komisi III DPRD Tana Tidung, Hanapi mengatakan, gedung serbaguna nantinya diperuntukan sebagai kantor sementara DPRD Tana Tidung. Anggaran pembangunan yang disediakan sebesar Rp5,9 miliar.

Informasi yang ia terima dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRKP) dan konsultan di lokasi, pembangunan dijadwalkan selesai tanggal 22 Desember 2021.

“Di situ sudah termasuk sekat-sekatnya, ruang-ruang yang diperuntukan bagi komisi serta ruang rapat komisi. Sedangkan gedung untuk rapat paripurna di lantai 1,” papar Hanapi.

Komisi III bersama unsur DPRD lain telah meminta ada ciri khas kedaerahan pada gedung tersebut, yaitu dengan membuat ornamen Suku Tidung dan Suku Berusu di bagian depan gedung.

Hanapi berharap pekerjaan bisa benar-benar diselesaikan tepat waktu dengan mutu yang baik dan sesuai.

Sehingga, katanya, tahun depan sudah dapat ditempati oleh para legislator Kabupaten Tana Tidung.

Pada kesempatan itu, Hanapi sedikit menyorot belum terpenuhinya penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi (K3). Ia meminta agar hal itu segera mendapat perhatian.

“Kalau saya lihat tadi, untuk K3 nya belum terlaksana. Saya harap kontraktor pelaksana dan pengawas menyiapkan rambu-rambu K3 berikut poin-poin aturan K3 lainnya,” kata Hanapi.

Anggota Komisi III lain yang ikut dalam monitoring, Salim Arifin menambahkan, kontraktor pelaksana perlu segera memasang papan informasi pembangunan. Ini penting sebagai bentuk transparansi kepada publik.

“Saya melihat belum ada papan nama, belum ada plang identitas pembangunan. Harap segera ini dipasang, supaya ada transparansi, supaya masyarakat mengetahuinya,” kata Salim.

Kepala Dinas PUPRKP Tana Tidung, Hersonsyah, optimistis pembangunan gedung serbaguna selesai sesuai masa pekerjaan.

“Kita menjamin, Insya Allah pekerjaan bisa selesai tahun ini,” ujarnya.

Ia membenarkan ada sentuhan kearifan lokal pada bangunan tersebut, yakni dengan ornamen sesuai karakteristik budaya di Tana Tidung.

“Kita buat juga sesuatu yang lain di sana. Kita desain ada rooftop nya dengan taman. Jadi bisa dikatakan bangunan ini green building,” pungkasnya.

Sementara itu, sorotan legislator soal penerapan K3 dan papan informasi akan segera ditindaklanjuti. Ia telah meminta kontraktor pelaksana segera melengkapinya. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

TOPIK TERKAIT:

Bangunan Kantor DPRD Tana Tidung Memprihatinkan

Potensi Pangan dan Perkebunan Tana Tidung dalam Angka