Headline

DPRD Jadwalkan Pidato Perdana Kepala Daerah Baru

Zainal Arifin Paliwang - Yansen TP sebagai kepala daerah terpilih, mengabadikan momen bersama Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris dan perwakilan partai pendukung. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Hari Ini, Pemprov Persiapkan Prosesi Pelantikan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terpilih hasil Pemilihan Serentak Tahun 2020 telah ditetapkan oleh KPU, Kamis (21/1/2021). Berdasarkan Berita Acara Nomor: 7/PL.02.7-BA/65/Prov/I/2021 yang dikeluarkan KPU Kaltara, Zainal Arifin Paliwang – Yansen Tipa Padan ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltara Tahun 2020.

Selanjutnya, kepala daerah terpilih akan dilantik untuk menjalankan kepimpinannya di provinsi ke-34 ini. Dikonfirmasi terkait agenda pelantikan, Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris mengemukakan, ada sejumlah rangkaian yang perlu dilewati. Termasuk paripurna istimewa terkait pengusulan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur yang lama dan pengangkatan gubernur dan wakil gubernur yang baru.

“Iya nanti ada paripurna yang masuk dalam rangkaian tahapan pelantikan itu. Nanti ada dokumen sebagai data pendukung yang disampaikan kepada Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri),” katanya saat dikonfirmasi, Senin (25/1/2021).

Diungkapkan Ketua Dewan, pihaknya akan melakukan rapat bersama Badan Musyawarah (Banmus) untuk mengatur jadwal paripurna istimewa. Termasuk menjadwalkan pidato perdana Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara yang baru usai pelantikan.

“Nanti kami dan teman-teman akan melakukan rapat Banmus secara virtual. Kita juga akan membahas agenda pidato gubernur dan wakil gubernur terpilih setelah pelantikan,” bebernya.

Adapun jadwal pelantikan, ia belum bisa memastikan. Pasalnya, ada ketentuan dalam Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 273/487/SJ tentang Penegasan dan Penjelasan terkait Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020. Dalam SE itu, diatur proses pengangkatan kepala daerah baru dan pemberhentian kepala daerah yang lama. Termasuk di dalamnya, pidato sambutan gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Jika mengacu pada jadwal pelantikan kepala daerah hasil pemilihan 2015 lalu, dilaksanakan pada Tanggal 12 Februari 2016. Artinya, jadwal pelantikan tahun ini, idealnya juga dilaksanakan di tanggal yang sama.

“Seharusnya masa jabatan (berakhir) sama dengan waktu pelantikan gubernur baru, yaitu Tanggal 12 Februari. Itu harapan kita kalau tidak ada halangan,” sebut Norhayati Andris.

Sementara itu, informasi yang diperoleh dari Biro Pemerintahan Umum Setprov Kaltara, hari ini (Selasa, 26/1) akan dilaksanakan rapat persiapan pelantikan di Kantor Gubernur Kaltara. Sesuai mekanisme, usai pleno penetapan oleh KPU, ditindaklanjuti dengan paripurna di DPRD. Kemudian pemprov meng-upload ke dalam sistem layanan administrasi Kemendagri.

“Itu untuk dikeluarkan SK Mendagri. SK Mendagri sebagai dasar diterbitkan Perpres pelantikan gubernur. Di Perpres itu ditetapkan apakah Tanggal 12 Februari (waktu pelantikan), atau mundur,” sebut Kabag Otonomi Daerah pada Biro Pemerintahan Umum, Dadang Wahyudi. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah