Hukum Kriminal

DPO Sejak Mei, Perampok Tambak Dibekuk Polres Tarakan

Wakpolres Tarakan menunjukkan tersangka (duduk) dan barang bukti yang disita. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Aparat Polres Tarakan berhasil membekuk pelaku perampokan petani tambak di daerah Sekatak Kabupaten Bulungan Jum’at (11/9/2020). Tersangka merupakan DPO (daftar pencarian orang) dari kasus yang terjadi pada bulan Mei 2020 lalu.

Wakapolres Tarakan, Kompol Andreas menjelaskan, pengungkapan kasus ini merupakan pengembangan dari kasus sebelumnya yakni perkara 365 (pencurian dengan kekerasan).

“Tersangka yang kita amankan adalah BI alias kurus, laki-laki (46) warga Pinrang, DPO perkara 365 pada tanggal 23 Mei 2020 yang sebelumnya kita tangkap dua tersangka,” ungkapnya, Senin (14/9/2020).

Wakapolres mengatakan, pada kasus perampokan yang terjadi di Pulau Mappat, Kabupaten Bulungan dengan korban berinisial SI itu, jumlah tersangka ada empat orang.

Dengan tertangkapnya BI, maka sudah tiga orang yang berhasil ditangkap, sehingga masih ada satu orang DPO.

“Tersangka Bi kita tangkap di Sekatak Bengara, Kabupaten Bulungan, berserta barang bukti berupa HP, uang Rp7,5 juta dan senpi rakitan laras panjang berikut empat buah butir peluru,” katanya.

Andreas mengatakan, senpi rakitan itu digunakan tersangka untuk mengancam korbannya saat melakukan aksi.

Residivis kasus yang sama sebanyak dua kali ini sering pindah tempat, terkadang di Sekatak atau daerah Tanjung Palas, Bulungan.

“Saat dilakukan penangkapan tersangka tidak melakukan perlawanan. Pasal yang disangkakan pasal 365 ayat 2 dengan ancaman hukuman penjara 12 tahun,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait rekannya yang ditetapkan DPO, polisi terus melakukan pengembangan penyelidikan. Informasi terakhir tersangka berada di daerah tambak, tapi ada juga informasi sudah kembali ke daerah asalnya Pinrang. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah