Bulungan

Dorong UMKM Turut Berperan dalam Pengawasan Obat dan Makanan

Pemkab Bulungan turut mendorong pengembangan UMKM di daerah ini. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pemkab Bulungan terus mendorong efektivitas berkembangnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di daerah ini. Tak hanya dinilai mampu mendukung pendapatan keluarga di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini, UMKM juga dinilai memiliki peran dalam pemulihan ekonomi.

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan, keberadaan UMKM terus didorong agar bisa semakinbberkembang dan bersaing. Di tengah pandemi Covid-19, selain untuk pemulihan ekonomi, UMKM juga dapat membantu menekan angka inflasi di daerah.

Melalui peran UMKM juga, lanjutnya, turut diatensi terkait pengawasan obat dan makanan baik secara umum maupun dikalangan mereka sendiri.

Terkait itu, belum lama ini, Pemkab Bulungan menggelar advokasi terpadu yang diselenggarakan Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kota Tarakan, Tanjung Selor. Advokasi meliputi program Desa Pangan Aman, intervensi keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) dan Pasar Aman berbasis komunitas.

“Kegiatan advokasi terpadu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemandirian masyarakat, dalam menjamin kebutuhan pangan yang aman serta mendukung gerakan pemerintah dalam program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) khususnya di wilayah Kabupaten Bulungan,” ujarnya.

Bupati mengatakan, sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo, telah memberikan perhatian khusus pada pengawasan obat dan makanan yang memang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Yaitu melalui Peraturan Presiden Nomor 80 tahun 2017 l, tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan, setelah sebelumnya diterbitkan Instruksi Presiden RI Nomor 3 tahun 2017, tentang Peningkatan Efektifitas Pengawasan Obat dan Makanan.

“Pengawasan seperti ini juga penting, serta  mendukung visi daerah. Yaitu Mewujudkan Kabupaten Bulungan yang Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera. Dalam perwujudannya, kegiatan ini membutuhkan peran serta kita semua dalam pelayanan publik, sebagai upaya melayani dan melindungi masyarakat Bulungan,” paparnya.

Bupati mengingatkan kepada seluruh sektor di Bulungan, diharapkan bisa memahami petunjuk teknis  agar dapat mengimplementasikan dengan baik di lapangan. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah