Headline

Dongkrak Pertumbuhan dan Pemerataan Kesejahteraan

Rencana embangunan PLTA Kayan dinilai dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. (Foto: Rizqy)
  • Strategi Pemprov Kaltara Menyelesaikan Tantangan Pembangunan Daerah

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sebagai provinsi termuda di Indonesia, Kalimantan Utara (Kaltara) terus mengejar ketertinggalan dalam pembangunan dibanding dengan sejumlah provinsi lainnya. Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang mengatakan, berbagai tantangan pembangunan perlu diselesaikan. Menurutnya, daerah dengan empat kabupaten dan satu kota ini, butuh strategi yang tepat untuk menjadi provinsi yang maju dan sejahtera.

Seperti yang kerap disampaikan di sejumlah kesempatan, bahwa Kaltara yang berbatasan langsung dengan Malaysia, tampak masih ada ketimpangan dan kesenjangan wilayah. Mulai dari masalah pemerataan demografis, minimnya pelayanan publik, keterbatasan infrastruktur dan aksesibilitas, ketimpangan tingkat pendapatan, perbedaan nilai tukar dan nilai jual komoditas, hingga orientasi ekonomi lebih ke negara tetangga.

Dengan potensi sumber daya alam melimpah di atas wilayah yang sangat luas, dia meyakini banyak peluang yang bisa diciptakan untuk membangun Kaltara. Bahkan, dia menegaskan, dengan strategi yang tepat dan pengelolaan maksimal, bisa mendongkrak pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat di provinsi ke-34 ini.

“Kita optimis bisa berbuat untuk Kaltara yang lebih maju dan sejahtera. Karena pada intinya, semua unsur yang ada di Kaltara harus maksimal, tanggap dan koordinatif, agar berbagai hambatan dapat cepat teratasi. Target yang harus kita capai, harus mampu mendongkrak pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan dengan cepat,” kata gubernur.

Berdasarkan perencanaan yang disusun, bahwa setidaknya ada beberapa strategi yang dapat menyelesaikan persoalan daerah. Yakni, meningkatkan pelayanan sosial dasar khususnya pendidikan dan kesehatan. Termasuk melakukan penataan wilayah administratif dan tapal batas.

“Karena pendidikan dan kesehatan adalah unsur penting dalam pembangunan daerah. Itu bicara kebutuhan dasar masyarakat kita,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, perlu melakukan peningkatan pelayanan prasarana transportasi dan komunikasi serta dapat membuka keterisolasian daerah. “Sehingga masyarakat dapat memasarkan hasil produksinya, misalnya produksi pertanian atau perkebunan dan produksi yang lainnya,” terangnya.

Tak hanya itu, dipandang penting pula melakukan pengembangan pusat-pusat permukiman potensial. Tidak terkecuali pengembangan partisipasi swasta dalam pemanfaatan potensi wilayah, khususnya sumber daya alam.

“Penting pula meningkatkan koordinasi, baik dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan regional,” sambung mantan Wakapolda Kaltara tersebut.

Sementara itu, di bawah kepemimpinannya Zainal Paliwang dan wakilnya, Yansen TP, upaya percepatan pembangunan yang dilakukan tidak terlepas dari prioritas pembangunan yang dilakukan. Setidaknya, ada beberapa skala prioritas yang menjadi perhatiannya, seperti terciptanya lapangan kerja padat karya, pengadaan listrik berbasis energi terbarukan hingga adanya kawasan industri.  (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah