Headline

Dokumen Ekspor Paling Banyak di Tarakan

Potensi Ekspor – Rumput laut menjadi salah satu potensi ekspor dari Kaltara. (Foto : Agung/Koran Kaltara)
  • Surat Keterangan Asal sebagai Bukti Autentik Kepemilikan Produk

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Mayoritas Surat Keterangan Asal (SKA) produk ekspor Kalimantan Utara, diterbitkan oleh Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA) Kota Tarakan. Dari 2.049 dokumen yang diterbitkan pada tahun 2019 lalu di Kaltara, 2.039-nya berasal dari Tarakan.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Kaltara, Budi Harsono Laksono, sebelumnya menjelaskan,  SKA menjadi bukti autentik terkait identitas dari produk ekspor yang dikirim. Tahun 2020, pemerintah daerah lebih  gencar meminta pelaku eksportir untuk mengurus dokumen yang dimaksud.

“SKA sebagai identitas bahwa produk ekspor itu dari Indonesia. Kita terus sampaikan agar pelaku eksportir melengkapi produknya dengan dokumen tersebut. Apalagi negara-negara di wilayah Asia Tenggara sudah mewajibkan produk ekspor yang masuk ke sana dilengkapi SKA,” ujar Budi, Kamis (22/10/2020).

Lanjut dia, nominal produk ekspor dari SKA di Tarakan mencapai USD1,02 miliar dari 27 perusahaan terdaftar. Angka ini setara Rp13,90 triliun. Tingginya penerbitan SKA di Tarakan tidak lepas dari tersedianya pelabuhan barang dengan rute internasional dan sebagai titik kumpul komoditas ekspor daerah lain se-Kaltara dan juga luar daerah.

“Kalau untuk Nunukan, memang daerah baru sebagai penerbit SKA, sehingga jumlahnya masih sedikit. Tapi sekarang sudah ada dua lokasi pelayanan di sana. Selain di Pelabuhan Tunon Taka, juga terdapat di SKPT (Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu) Sebatik yang fokus masalah ikan untuk diekspor ke Tawau,” jelas Budi.

Komoditas ekspor yang mengantongi SKA dari Tarakan pada tahun 2019 berjumlah 15 jenis. Mulai dari kategori batu bara, Crude Palm Oil (CPO), Palm Kernel Oil (PKO), kayu Meranti, Plywood, moulding, Bangkirai, Kempas, Keruing, Kapur, Udang beku dan Ikan Beku.

Seluruh komoditi tersebut, ditujukan ke negara tujuan ekspor ke Korea, India, Filiphina, Taiwan, Jepang, Thailand, China, Lahad Datu, New Zealand, Belgia, Malaysia, Singapura, Polandia, Antwerp, Rotterdam, Incheon, Charleston, New York, Miami, Taiwan, Felixstowe, Denmark dan Belanda. “Kalau bicara produk dan negara tujuan ekspornya, pola di tahun ini masih bisa dikatakan mirip (dengan tahun sebelumnya),” ungkapnya.

Sementara itu, 15 dokumen SKA yang diterbitkan melalui Nunukan berasal dari produk kelapa sawit, bungkil sawit dan rumput laut. Adapun negara tujuan ekspor untuk komoditi tersebut, terdapat di China, Vietnam, Malaysia dan Korea.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah