Tarakan

Dokter di UPT Dinkes Tarakan Positif Covid-19

Devi Ika Indrarti

TARAKAN, Koran Kaltara – Kasus positif Covid-19 di Kota Tarakan bertambah dua kasus. Total akumulasi kasus terkonfirmasi positif menjadi 78 orang, Selasa (30/6/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tatakan, dr Devi Ika Indriarti menjelaskan, hari ini terdapat dua kasus terkonfirmasi positif yaitu, Covid77, atas nama, dr MA, perempuan, umur 27 tahun, warga Kelurahan Pamusian dan Covid78, atas nama ABN, laki-laki, umur 54 tahun, Kelurahan Gunung Lingkas.

Pasien positif Covid-19 yang baru, satu orang adalah dokter atau tenaga kesehatan di UPT Dinas Kesehatan, yakni Covid77 dan satu orangnya lagi Covid78 masih ada hubungan dengan Covid67 sebelumnya.

“Covid77 bertugas sebagai tenaga kesehatan di UPT Dinkes, tidak menangani langsung pasien positif Covid-19, namun melayani pasien umum,” ungkapnya.

Yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan swab dengan mesin TCM di RSU Kota Tarakan. Saat ini seluruh rekan kerjanya dilakukan pemeriksaan swab.

“Karena jumlah catridge TCM terbatas sampel dikirim ke Surabaya (Balai Besar Laboratorium Kesehatan). Jumlah sampel yang diambil kurang lebih 30-an,” katanya.

Tenaga kesehatan yang baru positif juga masih ada hubungan atau satu UPT dengan pasien terkonfirmasi positif pada hari Juma’t (26/6/2020) lalu.

BACA JUGA: Bertambah Lagi 9 yang Positif, Tarakan Tertinggi Kasus Covid-19

“Total akumulatif kasus dari tenaga kesehatan saat ini sebanyak 14 orang dan dinyatakan sembuh sebanyak tiga orang,” ujarnya.

Gugus tugas sampai saat ini masih melakukan tracing kasus pasien positif Covid-19. Untuk tenaga kesehatan sampai saat ini belum diketahui dari mana mendapatkan Covid-19 karena jumlah yang dilayani cukup banyak dan tidak pernah kontak dengan pasien positif Covid-19.

Sementara itu perkembangan jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 346 orang dan sedang dilakukan pemantauan. Sedangkan jumlah OTG (Orang Tanpa Gejala) saat ini sebanyak 182 orang.

Hari ini juga terdapat penambahan satu orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) sehingga dari sebelumnya nihil saat ini terdapat satu PDP yang dirawat di rumah sakit. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah