Hukum Kriminal

Ditinggal Kosong, Rumah Guru di Bunyu Dibobol Maling

Tampak pelaku pencurian yang berhasil diamankan kepolisian.

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara Tiga orang, yang diduga merupakan anggota komplotan pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) berhasil diamankan Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Bunyu. Ketiga pelaku berinisial SY, DI dan MU ditangkap, setelah dilaporkan telah melakukan pencurian di sebuah rumah dinas milik seorang Guru SDN 001 Bunyu pada Kamis (7/1) lalu.

Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro, melalui Kapolsek Bunyu AKP Bachtiar mengungkapkan, ketiga pelaku ini diamankan di tempat dan waktu yang berbeda. Pertama polisi mengamankan SY di rumah orang tuanya di Sebengkok, Tarakan Tengah, Tarakan pada Selasa (2/3/2021).

Pelaku ini diduga telah kabur setelah melakukan aksi pencurian di rumah dinas milik sang guru SD tersebut. “Mereka langsung kabur setelah mencuri. Makanya kita lidik (kejar) sampai ke (Kota) Tarakan,” katanya saat dikonfirmasi Koran Kaltara.

Saat diamankan, polisi menduga jika SY telah mencium kehadiran polisi dirumah orang tuanya. Sehingga Ketika akan ditangkap, SY sempat bersembunyi di atas plafon kamar orang tuanya. Namun polisi tahu, sehingga SY tak berkutik Ketika polisi menangkap, dan langsung digiring ke Mapolsek Bunyu.

“Saat kita amankan, dia (pelaku) sembunyi di atas plafon. Kemungkinan, dia sudah tahu ada anggota yang datang (untuk mengamankan),” jelasnya.

Usut punya usut, otak di balik aksi pencurian itu ternyata di mulai dari MU. Awalnya, pelaku MU lebih duluan melakukan pencurian dengan mengambil sebuah pompa air di rumah dinas tersebut.

Setelah mengambil pompa air, MU memberi tahukan kepada SY dan DI jika rumah milik guru tersebut dalam keadaan kosong alias tak berpenghuni. Tanpa berpikir panjang, SY dan DI langsung juga melakukan pencurian.

“Ketiga pelaku ini berteman. Aksi (pencurian) berawal dari MU yang bilang, kalau rumah si guru itu kosong. Makanya mereka (SY dan DI) juga mungkin tergiur dan langsung melakukan pencurian juga,” imbuhnya.

Lebih jauh diungkap Kapolsek, tiga komplotan pencurian yang berhasil diamankan itu berawal dari informasi masyarakat. Polisi awalnya mendapatkan informasi jika SY sedang berada di Kota Tarakan.

Dalam kasus itu, kepolisian berhasil mengamankan beberapa bukti, di antaranya satu unit TV LCD, satu unit mesin cuci, satu unit sound system, satu unit kipas angin, satu pasang sepatu safety, dua pasang sepatu sport, satu buah drum plastik dan pompa air.

Beberapa barang bukti yang dicuri oleh pelaku sudah sempat terjual. Bahkan beberapa diantaranya sudah dibawa ke pembeli namun belum ada transaksi bayar. Sementara ketiga pelaku, akan dikenakan pasal 363 KUHP, tentang pencurian. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Edy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah