Tana Tidung

Disperindagkop Pastikan Pasokan BBM Aman

Salah satu APMS di Kecamatan Sesayap (foto: Hanifah)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kebutuhan selama bulan puasa dan Lebaran dipastikan aman. Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM telah bekerja sama dengan pihak pengelola agar dapat menyediakan dan mendistribusikan semaksimal mungkin untuk mengkaver kebutuhan masyarakat.

Fasilitator Pedagangan DisperindagKop dan UMKM, Ripa’i mengatakan, bahwa ketersediaan BBM jenis premium setiap bulan sebesar 100 ton dan solar sebanyak 16 ton yang didistribusikan dua kali dalam sebulan atau sebesar 8 ton per dua pekan.

“Untuk mengkaver kebutuhan masyarakat selama puasa dan Lebaran nanti ada dua APMS yang aktif di Desa Sebidai, Kecamatan Sesayap dan APMS Kujau di Kecamatan Betayau. Di Betayau khusus subsidi dan di Sebidai khusus industri.  Selain itu ada pertalite yang masuknya (stok) tidak terbatas, tergantung dana yang dimiliki tiap penyalur,” jelas Ripa’i, Rabu (7/4/2021) kepada Koran Kaltara.

Menurut dia, untuk permintaan Agen Penyalur Minyak dan Solar (APMS) masih masuk dalam kawasan 3T sehingga permintaan BBM sebesar 150 ton terealisasi sebesar 100 ton per bulan. Kawasan tersebut seperti Desa Tengku Dacing di Kecamatan Tana Lia.

“Untuk BBM sendiri pengangkutan ke pesisir berjalan lancar dengan rute awal ke Tideng Pale dulu setelah itu baru ditanya berapa jumlah kebutuhan atau kapasitas yang ada di Tana Lia, kalau misalnya butuh berapa ton maka akan langsung diantar kesana. Jadi untuk kebutuhan BBM masih aman-aman saja,” kata dia.

Dia mengakui jumlah kebutuhan masyarakat akan BBM masih sangat kurang, sehingga dengan jumlah stok yang ada diperkirakan memang dapat mencukupi kebutuhan dengan baik. Ia berharap tidak ada lonjakan kebutuhan pada momen puasa dan lebaran nanti.

Hal senada dibenarkan oleh pemilik APMS Aryan Mandiri, Arifin yang menyebut bahwa BBM untuk kebutuhan puasa dan Lebaran aman, terutama pertalite. “Kita jualnya solar dan pertalite jadi kita tetap buka setiap hari dimulai jam 8 sampai jam 4 sore,” ujarnya. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah