Malinau

Diskominfo Upayakan Akses Internet di Perbatasan

Tower di Desa Long Alongo Kecamatan Bahau Hulu. (foto: Sollaimansyah)

MALINAU, Koran Kaltara – Awal tahun 2021, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malinau berupaya menindaklanjuti penyediaan akses jaringan internet setiap desa di wilayah pedalaman dan perbatasan.

“Tahun ini, kita tetap fokus menyediakan akses internet desa-desa di pedalaman dan perbatasan. Terutama pelayanan publik, seperti Puskesmas, kantor desa dan sekolah-sekolah,” ujar Kadiskominfo Malinau, Agustinus kepada Koran Kaltara, pekan lalu.

Dia mengungkapkan, penyediaan akses jaringan internet di fasilitas pelayanan publik sudah berjalan sejak tahun lalu. “Di beberapa desa sudah ada yang terlayani akses internet. Semoga tahun ini, kita mendapatkan alokasi penyediaan akses internet dari Bakti Kominfo,” ungkapnya.

Menurut dia, pemerintah daerah tidak tinggal diam dan akan menjalin komunikasi ke Bakti Kominfo. “Kita terus koordinasi dan komunikasikan dengan Bakti. Karena kita ingin tuntaskan, agar tidak ada lagi desa-desa yang tidak memiliki jaringan internet,” tegasnya.

Dia menyampaikan, bukan hanya fasilitas pelayanan publik di desa saja yang akan disediakan, tetapi akan mengupayakan akses jaringan internet di kantor bupati dan kantor kecamatan di pedalaman dan perbatasan.

“Kita juga akan mengupayakan di kantor-kantor kecamatan pedalaman dan perbatasan supaya tersedia akses internet. Termasuk di lingkungan kantor bupati. Kita akan sediakan sebagai program strategis yang disediakan tahun ini,” tutur dia.

Selain itu, kata dia, tahun ini pihaknya terus menjaga kelangsungan operasional tower-tower milik pemerintah daerah.

“Dari tahun ke tahun, kita berupaya melakukan perawatan tower-tower. Apalagi tower yang sudah dikerja samakan dengan pihak ketiga, seperti Telkomsel,” ungkapnya.

Menurut dia, dalam kerja sama itu, pemerintah daerah bertanggungjawab melakukan perawatan. Sedangkan provider menyediakan aksesnya.

“Saat melakukan perawatan, kita menyediakan satu daya atau listrik. Misal, tower di Long Nawang, Bahau Hulu Pujungan dan beberapa daerah pedalaman dan perbatasan lagi. Kalau di wilayah Setulang sudah menggunakan listrik. Jadi kita menyediakan seperti baterai dan sebagainya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

Mari cegah penyebaran Covid-19 dengan;

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Mengurangi mobilitas dan interaksi
  • Menghindari kerumunan