Bulungan

Dishub Nyatakan Siap Perbaiki Dermaga Salimbatu

Kepala Dishub Bulungan, Hasan Pemma.

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pemkab Bulungan, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akhirnya merespons keluhan masyarakat, terkait kerusakan dermaga di Desa Salimbatu, Tanjung Palas Tengah. Bagian ponton dermaga yang rusak, akan segera dilakukan perbaikan.

Seperti diketahui, dermaga di Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, mengalami kerusakan cukup parah. Ponton untuk tempat tambat,  beberapa waktu lalu tenggelam.

Kondisi yang sudah rapuh menjadikan fasilitas tersebut tak bisa lagi digunakan. Hal ini telah lama dikeluhkan masyarakat setempat.

Kepala Dishub Bulungan Hasan Pemma mengakui, setelah tenggelam beberapa waktu lalu hingga saat ini dermaga tersebut belum diangkat ke daratan.

“Belum diangkat. Tetapi, kami sudah ada komitmen dengan Bapak Bupati (Syarwani) untuk menindaklanjuti kondisi itu. Bahkan ke depan, sesuai rencana, setelah diperbaiki, pelabuhan tersebut akan diserahkan ke pihak pemerintah desa untuk dikelola,” ujarnya.

Dengan penyerahan pengelolaan tersebut, diharapkan untuk pemeliharaan dapat dilakukan langsung oleh Pemerintah Desa. Sebab menurutnya, tidak semua fasilitas pelabuhan bisa dikelola langsung oleh Dishub secara menyeluruh.

“Tidak semua bisa kami jangkau untuk pemeliharaannya. Jadi, alangkah lebih efektif nantinya pengelolaan dermaga yang ada di desa akan diserahkan ke pemerintah desa,” kata Hasan.

Terkait kondisi  dermaga di Salimbatu, menurut dia, memang sudah tidak memungkinkan lagi untuk diangkat ke darat. Mengingat kondisinya sudah tua. “Sudah rapuh juga. Jadi, sudah tidak mungkin lagi untuk digunakan harus ganti dermaga baru,” katanya.

Sejauh ini tak dipungkiri terhadap dermaga tersebut belum pernah dilakukan perbaikan. Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Desa (Kades) Salimbatu, Asnawi.

Dia mengatakan, meskipun sudah melaporkan beberapa kali ke Pemerintah Kabupaten, sampai saat ini belum pernah ada perbaikan.

“Susah memang kalau mau diangkat, karena air di titik dermaga tenggelam itu dalam. Harus ganti dermaga baru,” kata Asnawi.

Ia menambahkan, untuk perbaikan, sejak awal kejadian tenggelam sudah diusulkan. Bahkan pengelola pelabuhan juga sudah bertemu dengan pihak Dishub Bulungan untuk melaporkan kejadian ini. Tetapi sampai saat ini belum juga ada realisasi perbaikan.

“Alasannya anggaran tidak ada. Jadi, belum bisa diperbaiki. Sementara untuk pengelolaan, Pemdes kami tidak bisa mengurus. Sebab, aset itu milik Dishub, bukan aset desa. Kalaupun dibebankan ke desa tentunya akan sulit untuk merealisasikan perbaikan. Dana desa (DD) sudah habis untuk BLT (bantuan langsung tunai),” ungkapnya.

Asnawi menambahkan, untuk kegiatan operasional speedboat sementara dialihkan ke dermaga tambatan perahu milik Pemdes Salimbatu yang dibangun melalui program pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (pisew).

“Iya, untuk sementara menggunakan tambatan perahu itu, kerena dermaga utama sudah tenggelam. Tapi kami tetap berharap agar perbaikan dermaga bisa segera dilakukan. Sayang juga, sudah dibangun tetapi tidak dimanfaatkan,” tandasnya. (*)

Reporter: Nurjannah

Editor: Eddy Nugroho