Kaltara

Disdikbud Kaltara: Sekolah Tatap Muka Kemungkinan September

Plt Kadisdikbud Kaltara, Firmannanur

TARAKAN, Koran Kaltara – Pelaksanaan sekolah tatap muka, khususnya untuk tingkat sekolah menengah atas sampai saat ini masih belum ditetapkan kapan dimulai.

Hal tersebut diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara Firmannanur, Jumat (7/8/2020)

Dia mengungkapkan, ada beberapa syarat dan tahapan yang harus dipenuhi sebelum sekolah tatap muka kembali dibuka.

“Tahapan yang dimaksudkan, pertama harus ada penetapan zona hijau dari gugus tugas, dimana zona itu terbagi menjadi empat, zona hitam, zona merah, kuning dan hijau,” katanya.

Firmannanur mengatakan, setelah tahapan zona hijau, syarat lain untuk membuka kembali sekolah tatap muka yakni adanya persetujuan kepala daerah sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri.

SKB yang dimaksud yakni, surat keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi Covid-19.

“Syarat yang ketiga kemudian sekolah harus siap memenuhi syarat, seperti harus ada cuci tangannya, bagaimana mengatur jarak, memakai masker,” terangnya.

Selanjutnya sebelum itu dilaksanakan harus ada persetujuan orang tua. Bagi yang belum ada persetujuan orang tua, anaknya tetap sekolah dari rumah atau online.

Setelah itu dibagi dua tahap, tahap pertama dua bulan dan seterusnya siswa yang masuk hanya 50 persen dengan sistem digilir. Pengaturannya saat ini sedang dipersiapkan oleh Disdik Provinsi Kalimantan Utara.

“Bisa jadi tiap daerah berubah, makanya berdasarkan penetapan zona dari gugus tugas nasional dan SKB 4 Menteri,” imbuhnya.

Firmannanur menambahkan, khusus untuk tingkat sekolah menengah atas, SMA/SMK/MA/ dan Sederajat kemungkinan sekolah tatap muka atau belajar secara langsung di sekolah akan dimulai pada bulan September 2020. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah