Nunukan

Dinyatakan Sembuh, 2 WNA Dipulangkan ke Malaysia

Pemulangan dua WNA Malaysia dari Nunukan. (Foto: Asrin)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Setelah dinyatakan sembuh Covid-19 dan mendapatkan persetujuan dari Konsulat Malaysia di Pontianak, dua Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia akhirnya dipulangkan, Sabtu (30/5/2020) sore.

Kepala Seksi Intel dan Pengawasan Penindakan Keimigrasian (Kasi Wasdakim) Kantor Imigrasi Nunukan Sigit Jatmiko membenarkan kepulangan dua WNA asal Malaysia tersebut. Kepulangan mereka berdasarkan permohonan kemudahan perjalanan dan bantuan dalam memudahkan urusan pemulangan warga Negara Malaysia.

“Mereka masuk daftar orang yang mempunyai kelulusan masuk ke Tawau, Sabah. Dan telah dikirimkan Konsulat Malaysia di Pontianak, Kalimantan Barat tertanggal 28 Mei 2020,” ungkap dia kepada Koran Kaltara, Minggu (31/5/2020).

Tak hanya dua WNA tersebut, namun dalam Surat Konsulat Malaysia ditandatangani Pen. Atase Imigresen Muniadi Al Selvaraj, ada 16 WNA yang akan dipulangkan secara bersamaan.

Mereka akan dipulangkan menggunakan kapal laut carteran pada 30 Mei 2020, yakni 10 WNA dari Nunukan dan 6 WNA dari Kota Tarakan. Semua sudah mengantongi hasil rapid test dengan keterangan negatif Covid-19.

“Kedua WNA itu bernama Suboh bin Tarsak (66) dengan nomor passport H 41454737 dan Mohd. Hafiz Chong bin Abdullah (42) dengan nomor passport H 35499288. Dan Sabtu (30/5) kemarin, kita langsung pulangkan dengan menaiki kapal carteran di Pelabuhan Tunob Taka menuju ke Tawau,” terangnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Nunukan, Aris Suyono mengatakan bahwa kedua WNA telah menjalani masa penyembuhan hampir dua bulan di RSUD Nunukan. Mereka sudah dibekali surat keterangan bebas Covid-19.

“Memang dua orang ini sudah dinyatakan sembuh karena hasil swab mereka berturut-turut negatif. Sebenarnya pengajuan untuk dipulangkan ini sudah lama. Tapi harus menunggu persetujuan dan proses administrasinya,” bebernya. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah