Tana Tidung

Dinas PU Prioritaskan Jalan Poros Penghubung Kecamatan

Jalan ke Bebatu Supa, Kecamatan Sesayap (Foto: Istimewa)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Akses jalan pedesaan di Desa Bebatu Supa, Kecamatan Sesayap Hilir kerap dikeluhkan masyarakat pesisir yang ada di sana. Jalan rusak dan berlubang terbilang cukup parah, apalagi saat musim hujan, warga setempat meminta jalan tersebut segera dilakukan pengerasan jalan (agregat).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Hersonsyah mengatakan, untuk pengerjaan jalan pedesaan di tahun ini masih belum dapat dilakukan. Saat ini pemerintah sedang fokus pengerjaan akses jalan poros penghubung empat kecamatan, dari Kecamatan Sesayap, Betayau, Muruk Rian menuju Kecamatan Sesayap Hilir, tepatnya di Desa Bebatu Supa.

“Untuk tahun ini, kita muluskan dan maksimalkan jalan poros penghubung dari Kecamatan Sesayap ke Desa Bebatu Supa di Kecamatan Sesayap Hilir dengan jalan tembus. Ditargetkan selesai per Desember 2020. Sedangkan untuk jalan masuk ke desa yang menjadi permintaan masyarakat akan kami lihat pengerjaannya di tahun depan,” terang dia, Kamis (2/7/2020).

Ia menilai, jalan masuk pedesaan juga tetap menjadi hal utama bagi pihaknya untuk direalisasikan. Namun, tahun depan akan melihat besaran anggaran yang akan dikelola oleh Dinas PU.

Di masa pandemi Covid-19 banyak terjadi pergeseran anggaran yang tidak dapat diprediksi. Namun dalam kondisi pandemi Covid-19, pembangunan diupayakan tetap berjalan seoptimal mungkin.

“Dengan akses jalur darat yang sudah tembus nanti, pengangkutan material pasti akan lebih mudah dan diperkirakan jalan pedesaan akan menjadi sasaran dan target pembangunan selanjutnya. Kami berharap masyarakat bersabar,” pinta dia.

Untuk diketahui, tahun 2020 ini Dinas PU hanya mengelola anggaran pembangunan fisik kurang dari Rp100 miliar yang terbagi dalam beberapa bidang pada Dinas PU, dan itu sudah termasuk anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dengan besaran anggaran tersebut harus terbagi pula dalam beberapa pekerjaan pembangunan, sehingga dimungkinkan ada pembangunan yang tertunda bahkan batal dilaksanakan. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah