Tana Tidung

Dinas PU KTT Bangun Tiga Jembatan dan Gorong-gorong di Bebatu

Pembangunan jembatan di Tana Tidung. (Hanifah)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Tana Tidung membangun tiga jembatan dan tiga gorong-gorong di Desa Bebatu, Kecamatan Sesayap Hilir.

Pembangunan jembatan ini guna mempermudah akses masyarakat dan menghindari terjadinya genangan air di kawasan pesisir tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada DPUPRPKP, Arif Nur Rahman mengatakan, untuk kawasan Bebatu masih tersisa lintasan air sehingga pembuatan jembatan dan gorong-gorong menjadi solusi agar saat musim penghujan atau air pasang tidak akan menganggu aktivitas warga yang melintas di jalan-jalan utama ini.

“Kawasan Bebatu masih ada lintasan airnya makanya untuk mempermudah harus buat crossing atau tempat penyeberangan. Pengalaman sebelumnya kalau menimbun di atas biasanya air akan pindah lagi ke sebelahnya, makanya pembuatan gorong-gorong dan jembatan jadi solusinya,” ujar dia, Senin (19/10/2020) kepada Koran Kaltara.

Jembatan di kawasan Bebatu ini sedang proses pembuatan dan progres sekitar 80 persen, dimungkinkan tahun ini sudah dapat digunakan maksimal.

“Memang ada Jembatan Bailey di Bebatu Supa (Kecamatan Sesayap Hilir) yang pembangunannya masih menggunakan anggaran besar, tapi setelah dapat info kalau bangun jembatan yang biayanya lebih irit, kita upayakan bangun jembatan seperti itu. Sekarang ini sudah ada cara membangun jembatan dengan bentangan gelombang 14 meter dan ini sudah dipakai sekarang untuk flyover dan iritnya bisa sampai 65 persen. Misal bangun jembatan biasanya gunakan anggaran 100 Milyar tapi bisa dibuat dengan anggaran Rp 35 miliar,” urai dia. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah