Tarakan

Dinas Pangan Pastikan Daging Kurban Aman Konsumsi

Hewan kurban yang dipotong di RPH. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Tarakan menurunkan tim ke lapangan untuk melakukan pengawasan pemotongan hewan kurban selama hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah tahun 2020.

Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Tarakan, Elang Buana mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim sejak hari pertama (Jumat) pemotongan hewan kurban. Tim tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan yang ada di wilayah Kota Tarakan.

“Alhamdulillah rekan-rekan sudah tersebar kemana-mana sesuai dengan tugas dan kerja masing-masing, minimal satu kelurahan dua sampai tiga orang,” jelasnya, Sabtu (1/8/2020).

Elang Buana mengatakan, selama pengawasan di lapangan sudah banyak laporan yang masuk, berdasarkan hasil pemantauan dan pengawasan belum ada ditemukan daging sapi yang tidak layak dikonsumsi. Artinya, seluruh daging sapi kurban layak dimakan.

“Alhamdulillah berjalan dengan baik (pengawasan) seluruhnya sehat (sapi). Alhamdulillah juga di masjid-masjid dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan di lapangan, bukan hanya sampel yang diambil, melainkan seluruh hewan kurban, baik itu sapi, kerbau, maupun kambing dilakukan pemeriksaan dan pengawasan.
Pemeriksaan yang dilakukan petugas, yakni seputar organ vital seperti, limpa, hati, paru-paru, kemudian organ dalam.

“Sebelumnya sudah kita ambil sampel, baik dari dinas maupun dari karantina pertanian, dan dinyatakan hewan kurban sehat,” katanya.

Terkait dengan jumlah hewan kurban akan diketahui setelah hari tasyrik Idul Adha. Dia mengatakan, kemungkinan hari Senin sore sudah diketahui hasilnya, baik jumlah, tempat, alamat, kecamatan, hingga lokasi-lokasi pemotongan, seperti masjid di lingkungan masyarakat maupun RPH. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah