Ekonomi Bisnis

Di Tengah Pandemi Ekonomi Kaltara Masih Bertahan

Kepala Perwakilan Kantor BI Kaltara, Yufrizal

TARAKAN, Koran Kaltara – Di tengah pandemi Covid-19 pertumbuhan ekonomi Kaltara hingga triwulan II 2020 masih tumbuh sebesar 0,81 persen.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltara, Yufrizal menjelaskan, meskipun pertumbuhan ekonomi pada tahun ini diperkirakan mengalami perlambatan dibandingkan tahun sebelumnya, namun perekonomian Kaltara tahun 2020 masih berdaya tahan tinggi di tengah pandemi Covid-19.

“Pertumbuhan ekonomi Kaltara diperkirakan membaik terbatas dan secara gradual akan terus terjadi hingga triwulan IV 2020, meskipun belum dapat mencapai kondisi normal sebelum Covid-19,” jelasnya, Minggu (25/10/2020).

Berdasarkan beberapa hasil survei dan indikator yang dimiliki dan dilakukan oleh BI Kaltara, dari sisi dunia usaha berdasarkan hasil liaison maupun survei kegiatan dunia usaha (SKDU) dari beberapa perusahaan dan dunia usaha yang mewakili sektoral di Kaltara, menunjukkan optimisme yang terus membaik.

“Perbaikan kinerja diperkirakan terjadi, di antaranya pada lapangan usaha konstruksi dan perdagangan. Pada lapangan usaha konstruksi ada peningkatan konsumsi semen triwulan III meningkat 23 persen,” ungkapnya.

Sementara pada lapangan usaha perdagangan sejalan dengan insentif yang diberikan, yang mendorong konsumsi masyarakat dan peningkatan transaksi ekonomi, meski masih terbatas.

Telah dibukanya PSBB dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat di Kaltara, turut mendorong perbaikan kinerja lapangan usaha transportasi secara perlahan, meskipun tentunya akan membutuhkan waktu untuk recovery.

“Kondisi ini terlihat dari jumlah penumpang angkutan udara pada triwulan III 2020 yang mengalami peningkatan di akhir triwulan III terkontraksi 34 persen, membaik dibandingkan triwulan II 98 persen,” sambungnya.

Yufrizal menambahkan, optimisme juga terlihat dari sisi demand. Hasil survei konsumen BI Kaltara memperlihatkan bahwa indikator konsumsi di triwulan III 2020 membaik terbatas dibandingkan triwulan II 2020. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Cegah Penyebaran Covid-19

  • Selalu gunakan masker
  • Rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir
  • Hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah