Hukum Kriminal

Deteksi Dini Gangguan Keamanan di Kaltara

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya saat memberikan sambutan sosialisasi Dumas Presisi di Polres Bulungan. (Foto: Rizqy)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Salah satu program Polri dalam memudahkan komunikasi masyarakat adalah Dumas Presisi.

Di Kalimantan Utara (Kaltara), Kapolda Kaltara Irjen Daniel Adityajaya menghadiri Sosialisasi Rumah Dumas Presisi dan Aplikasi Dumas Presisi kepada tokoh adat, ketua RT, dan Bhabinkamtibmas di wilayah Polres Bulungan, Senin (30/5/2022).

Dia mengatakan, melalui program tersebut, dapat membuka akses yang lebih mudah bagi masyarakat dalam berkomunikasi dengan kepolisian.

Khususnya, dalam hal mendeteksi gangguan keamanan, sehingga bisa dideteksi lebih dini.

“Ketika masyarakat ada sesuatu yang ingin disampaikan, bisa disampaikan melalui aplikasi ini. Termasuk kegiatan pengawasan, baik secara internal maupun eksternal kepolisian,” katanya, kemarin.

Menurutnya, pelayanan terhadap pengaduan masyarakat dilakukan lebih cepat dan mudah.

Sehingga, dapat dikembangkan sebagai sarana bagi penegak hukum terhadap peristiwa yang tak perlu dilakukan tindakan hukum.

Selain itu, bisa juga untuk mendeteksi jika ada laporan yang berpotensi mengganggu keamanan di tengah masyarakat. Kegiatan pengawasan, membangun pengawasan internal dan eksternal.

“Potensi gangguan keamanan dapat terdeteksi dini. Juga optimalkan peran bhabinkamtibmas dan peran pelayanan masyarakat pelayanan Dumas. Sampaikan masyarakat dapat terlibat sarana komunikasi pengaduan masyarakat,” jelasnya.

Kapolda juga mengajak masyarakat lebih aktif dalam menyampaikan aduan. Hal itu dapat mendukung kinerja kepolisian.

Menurut Daniel, sejauh ini budaya lapor di Kaltara normal saja, namun diharapkan bisa lebih ditingkatkan.

“Tokoh adat, masyarakat dan ketua RT mampu mengajak dan memberi wawasan budaya lapor mendukung kinerja polri untuk menegakkan hukum dan pelayanan masyarakat. Budaya lapor mendukung kinerja polri. Polisi tidak bisa sendirian. Bisa dibantu intelejensi lewat masyarakat,” tuturnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment