Tarakan

Destana Cegah Sejak Dini Bencana, Tarakan Baru Ada di Dua Kelurahan

Ahmadi Burhan

TARAKAN, Koran Kaltara – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tarakan menyebutkan, dalam rangka pencegahan bencana khususnya di daerah-daerah rawan bencana perlu dibentuk Desa Tangguh Bencana (Destana)

Kepala Pelaksana BPBD Tarakan, Ahmadi Burhan mengatakan, Destana berkaitan dengan penanganan dan pencegahan dini bencana di lingkup kelurahan yang sifatnya skala kecil dan yang terlibat langsung adalah masyarakat itu sendiri.

“Destana ini perlu dibentuk di setiap kelurahan, di Tarakan dari 20 kelurahan baru ada dua Destana yaitu Kelurahan Sebengkok dan Kelurahan Juata Laut,” ujar Ahmadi Burhan, usai memberikan pelatihan kepada Destana, Kamis (26/11/2020).

Ahmadi mengatakan, ke depan Destana ini perlu dibentuk dan tingkatkan lagi tidak hanya dua kelurahan akan tetapi 20 kelurahan yang ada di Tarakan. Tugas dan fungsi Destana yaitu menjadi garda terdepan ketika terjadi bencana di kelurahan maupun di desa masing-masing.

“Karena Tarakan rasio bencananya cukup tinggi, diharapkan semua kelurahan memiliki Destana. Sehingga apabila terjadi bencana maka merekalah yang terlebih dulu melakukan penanganan di lokasi sehingga mengurangi tingkat kerusakan dan korban jiwa,” bebernya.

Ahmadi mencontohkan, ketika terjadi bencana pada malam hari dan kondisinya tidak memungkinkan oleh tim BPBD pada saat itu, maka Destana bisa terjun langsung ke lapangan untuk mengambil langkah cepat sebelum ada bantuan.

Lebih lanjut, Ia mengatakan sudah ada beberapa kelurahan yang menjadi prioritas untuk dibentuk Destana khususnya daerah yang rawan bencana dan ini sudah diusulkan ke BNPB. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah