Headline

Desk Pilkada Akan Gelar Hitung Cepat

Muhammad Haris

TARAKAN, Koran Kaltara – Desk Pilkada yang berada di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kebangpol) Kota Tarakan akan melakukan penghitungan cepat atau quick count dalam pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Kalimantan Utara, 9 Desember 2020 mendatang. Data yang terhimpun bukan untuk publik karena hanya sebagai laporan kepada kepala daerah.

Kepala Kesbangpol Tarakan, Muhammad Haris mengatakan, pihaknya telah menyiapkan ruangan sebagai tempat menerima data yang langsung dikirim dari setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Insya Allah nanti dilakukan penghitungan cepat. Data yang terkumpul dilaporkan ke kepala daerah atau Pak Wali Kota. Quick count ini hanya untuk proses penghitungan suara di Tarakan,” ujar Haris, Jumat (20/11/2020).

Hasil quick count ini bukan untuk menjadi patokan siapa peraih suara terbanyak di Tarakan. Biasanya, penghitungan cepat yang dilakukan oleh Desk Pilkada hasilnya bisa langsung diketahui, mulai dari proses penghitungan di TPS hingga selesai.

“Kita bisa lebih cepat mengetahui hasilnya. Selesai penghitungan di TPS sudah ada hasilnya, berapa perolehan suara masing-masing pasangan calon, berapa surat suara sah dan tidak sah. Dibandingkan penghitungan manual yang dilakukan oleh KPU, kita bisa lebih cepat. Selama ini hasil yang kita lakukan dalam quick count selalu akurat bahkan bisa sampai 100 persen. Sejauh ini selalu tepat dan sama dengan hasil yang dilakukan KPU secara manual,” bebernya.

Akurasi data yang didapat, lanjut Haris, karena ada petugas yang melakukan pantauan di setiap TSP. Sehingga mereka yang mengirimkan hasil secara terus menerus hingga proses penghitungan selesai. Di kantor Desk Pilkada  akan disiapkan layar lebar perkembangan hasil penghitungan cepat.

“Tetapi ruangan terbatas, sehingga ini bukan untuk umum. Apalagi dalam masa pandemic Covid-19 seperti ini, tidak boleh ada kerumunan. Kemungkinan hanya orang-orang tertentu yang boleh melihat penghitungan cepat ini. Untuk menghindari kerumunan massa, sehingga protokol kesehatan bisa tetap diterapkan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah