Nunukan

Desember Ada Mutasi, Pejabat Bisa Bertahan atau Digeser

Kaharuddin Tokkong

NUNUKAN, Koran Kaltara – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Nunukan telah selesai melakukan job fit kepada puluhan pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Nunukan.

Rencananya bulan Desember mendatang, puluhan pejabat yang telah mengikuti job fit tersebut, akan digeser atau tetap menempati posisi sebelumnya.

Kepala BKPSDM Kabupaten Nunukan, Kaharuddin Tokkong mengungkapkan, sesuai aturan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kepala daerah baru boleh melakukan mutasi, enam bulan setelah pelantikan.

Diketahui, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nunukan dilaksanakan pada 2 Juni 2021, sehingga bupati baru bisa melakukan mutasi pada Desember 2021.

Kaharuddin mengatakan, sebanyak 26 pejabat eselon 2 di lingkungan Pemkab Nunukan sudah mengikuti job fit.

“Job fit itu pada intinya bagaimana menggali potensi untuk menguji kapasitas pejabat yang sudah menduduki eselon II atau pejabat pimpinan tinggi pratama. Apakah dia cocok dengan jabatan sebelumnya atau dianggap cocok di jabatan lain,” jelas Kaharuddin, Jumat (25/11/2021).

Setelah itu, kata Kaharuddin, hasil job fit ini dilaporkan kepada Gubernur Kaltara dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Selanjutnya, KASN mengeluarkan rekomendasi untuk dilakukan pelantikan.

“Kapan pelantikan, yang jelas di atas tanggal 2 Desember 2021 sudah bisa pelantikan. Tapi karena belum sampai di tanggal 2 Desember, sampai saat ini belum ada arahan,” ujarnya.

Dia mengatakan, jika pelantikan sudah dilakukan dan ada posisi jabatan yang kosong, maka akan dilakukan asemen atau seleksi terbuka.

“Untuk lelang jabatan pasti ada promosi karena yang menduduki jabatan itu pasti dari eselon di bawahnya, eselon III a,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment