Kaltara

Debat Perdana Pilkada Kaltara, Enam Materi Disiapkan

Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al-Islami.
  • Tak Ada Panelis, Paslon Hanya Bawa 4 Orang Perwakilan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltra – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara telah menetapkan jadwal debat perdana Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara). Sesuai dengan hasil pleno, adu visi misi para calon pemimpin Kaltara akan dihelat pada 25 Oktober 2020 mendatang.

Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami mengatakan, untuk debat perdana nanti ada enam tema yang teklah disiapkan. Di antaranya mengenaoi hukum, korupsi, penanggulangan narkoba, perdagangan manusia, tata kelola pemerintah dan pelayanan publik.

“Sedangkan untuk penanggulangan Covid-19, insya Allah akan kita masukkan di debat kedua. Kalau untuk debat perdana ini, secara teknis sudah siap. Untuk materi soal dan lain sebagainya hampir final dengan tim perumus,” katanya, Rabu (21/10/2020) kepada Koran Kaltara.

Dalam debat putaran pertama nanti, kata dia, KPU sudah mendesain secara khusus tanpa adanya panelis. Berdasarkan PKPU 13/2020, bahwa debat perdana nanti hanya dihadiri oleh masing-masing pasangan calon (paslon), 4 orang perwakilan tim kampanye, 2 orang perwakilan Bawaslu Kaltara, dan 5 orang KPU Kaltara.

“Dengan ini, maka kita ingin sampaikan tidak ada panelis dalam debat (perdana) nanti. Ini juga sudah berproses terus. Kemudian kami juga sudah mengkoordinasikan dengan LO (Liaison Officer) masing-masing calon terkait debat ini. Tema debat ini juga kita ambil dari berdasarkan dari arahan KPU RI,” imbuhnya.

Untuk saat ini, lanjut Surya, untuk secara teknis persiapan jelang debat perdana nanti sudah mencapai 90 persen. Begitu juga tim perumus materi debat, tim pakar, dan moderator yang akan bertugas. Namun Surya masih enggan membocorkan lebih awal, siapa saja yang dilibatkan.

Yang jelasnya mereka adalah orang-orang yang kami nilai berintegritas, independent dan profesional. Karena yang kita libatkan ini adalah tokoh-tokoh akademisi, baik yang ada di Kaltara maupu dari luar Kaltara. Kita sama-sama cermati saja dalam debat nanti,” jelasnya.

Sebagai informasi, di Kaltara ada lima daerah yang akan melakukan pemilihan kepala daerah. Yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltara, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Bulungan, Pilbup Nunukan, Pilbup Malinau dan Pilbup Tana Tidung. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah